15.5.15

Makhluk Astral

Subhanallah. Akhirnya ketemu blog lagi *padahal baru bulan lalu ngepost*
Alhamdulillah. Akhirnya selesai sudah perjalanan ketiga *tapi laporannya sih belom kelar*

Perjalanan ketiga ini ke Gunung Gede lewat jalur Gunungputri, temanya tentang database sekaligus jadi gambaran untuk perjalanan berikutnya. Jadi sebelum jalan, kita harus udah tau medannya, tumbuhan di sekitar jalur perjalanan, cuaca, jarak, perkiraan waktu tempuh, bakal ngelewatin pos-pos apa aja. Itu semua nantinya dikaitkan sama barang-barang yang bakal dibawa, persiapan keuangan, sama persiapan fisik. Entah kenapa kali ini gue ngerasa gabut banget di kelompok perjalanan kali ini padahal pengumpulan database awalnya lumayan susah dan data yang dikumpulin juga banyak banget ngga pake aja.

Berdasarkan data yang dimiliki kelompok gue, gue memperkirakan bahwa jalanannya bakal terjal banget. Ternyata nggak seterjal atau securam yang gue pikirkan. Termasuk terjal sih, tapi yang bikin ngeri itu...... terjalnya ngga abis-abis. Bawa bawaan sekitar lima belas kilogram melalui jalanan yang kemiringannya sekitar 45-60 derajat, sejauh kurang lebih 6 kilometer, berbatu dan berakar pula bukan tanah. Baru jalan sekitar seratus langkah udah ngos-ngosan, sedangkan kalo berenti lebih dari 3 menit badan langsung menggigil karena suhunya dingin. Ngeri banget. Untung gue jadi sweeper di paling belakang. Selama perjalanan naik, gue cuma bisa mikir, gimana cara turunnya?

Selama perjalanan naik, data-data yang dikumpulin sebagian besar salah. Kenyataannya ada lebih banyak pos dan ada satu pos dari database yang ngga ketemu di jalur *serem ya*. Di perjalanan naik ini, kelompok gue juga dapet tugas baru yaitu mendokumentasikan sekaligus ngeplot 10 bunga yang ditemukan disepanjang jalur. Unyu yah.

salah satu foto bunga terunyu yang ada di alun-alun surken

Begitu nyampe di alun-alun surya kencana timur, terlihat hamparan pohon edelweiss *itu pohon apa bunga sebenernya?* dan beberapa pohon lain yang berbunga cilkecil. Kelompok gue langsung bagi-bagi tugas untuk masak dan pasang tenda. Seperti biasa, gue gabut, malah ngabisin energen sendirian *parahbgt* *gadeng, gue bantuin masang tenda*. Selesai masang tenda, masak lagi buat makan malem sembari mencari tahu mengenai kebenaran pos-pos di sepanjang jalur. Apalagi pos lawang seketeng yang ngga ketemu itu. 

Malem itu hujan turun. Tenda gue rembes sedikit, di samping-sampingnya. Tempat gue sama Sodi tidur matrasnya ada celahnya gitu, air ujan rembes kesitu. Semaleman gue kedinginan. Susah tidur, kebangun terus. Sementara Sodi sama Nanda begitu nempel langsung molor (ketauan, pada ngorok gara-gara kecapean, malah Sodi sampe ngigo), Rani diem-diem langsung pules juga.

Pagi-paginya gue bangunin jam 4 pagi, tapi baru pada bernyawa sekitar setengah jam kemudian. Dingin banget gila ngga boong, jadi males gerak. Tapi langitnya bagus banget kaya waktu di Pulau Pramuka, pas banget masih ada milky way beserta scorpio nya. Ada bulan sabit pula. Seneng banget parah:')

Akhirnya baru berangkat muncak sekitar jam setengah enam. Tapi sayang banget kawahnya ketutupan kabut dan awan tebel banget. Nduingin tenan, bau kentut pula (karena belerang di kawah). Tapi karena disana ada plang bertuliskan Puncak Gede 2985 mdpl, akhirnya pada poto-poto. Ada pula yang poto-poto pake kertas yang bertuliskan sesuatu. Sementara gue (sambil menggigigil kedinginan) cuma bisa berharap kabut atau awan, atau apalah itu yang putih-putih *apatuh* bisa segera turun dan kawahnya bisa keliatan. Tapi kawah tetep ngga keliatan sampe sekitar jam 8 sementara kita udah harus turun.

ikutan poto ah sapa tau berhadiah
ituuu tebing ke kawah yang ketutupan kabut:'

Bagaimana perjalanan turunnya? Diluar dugaan! Fantastis! Kalo dibawa lari-lari kecil jadi seru banget paraaah. Kadang gue suka khilaf dan ninggalin kelompok gue, bahkan Nanda beberapa kali manggil gue kalo gue udah terlalu jauh (gue jadi leader pas turun, jadi posisi gue di paling depan). Gara-gara suka khilaf akhirnya Rani jatoh dua kali dan pergelangan kakinya ada yang memar gitu, Nanda juga sempet jatoh. Padahal gue ditaro di paling depan buat bantuin yang lain pada turun. Astagfirullah. Maafkan aku.

Yah gitu deh perjalanannya. Yang gue paling inget selain dinginnya, ya perjalanan turunnya. Seru gila.

Terus kenapa judulnya makhluk astral? Soalnya gue sekelompok sama makhluk astral *krik* *krik* *krik* Sodi, cowok idaman para cewek. Akhirnya gue tau kenapa dia begitu "didewakan" banget. Dari awal sekelompok, susah banget dihubungin. Line watsap ngga aktif, ditelpon ngga diangkat. Selama seminggu sebelum perjalanan ngga pernah keliatan ngampus. Ada tuh waktu itu dua hari ngga ada kabar sama sekali. Ghaib deh. Sekalinya ketemu di kanlam asrama (((asrama ya bukan di kampus))), tau-tau dia udah bikin penampang melintang yang mana udah keliatan medannya sesuai jalur, jarak tempuh turun dan naik, beda ketinggian, landcover, dan koordinat posnya. Bahkan dia ikutan nyatuin atau ngelayout (gue lupa) 4 peta dan ngedit petanya sehingga keliatan jalurnya. Parah si. 

Dan tahan banting banget. Yang pas tidur di tenda, kan gue ngasih tau dia kalo matrasnya bercelah dan air ujan juga ngerembes disitu makanya gue kedinginan. Celah rembesan tempat dia tidur bahkan lebih gede dari yang ditempat gue, tapi dia bilang, "Ngga dingin, biasa aja. Anget malah semalem." Itu sleeping bag dia udah basah kena gerimisan pas evaluasi, kena rembesan pula. Anget gimana dah? Ra ngerti aku.

Bawaannya tiga kilo lebih berat dari gue, tapi jalannya kaya hantu. Tiba-tiba ilang. Pas dari alun-alun surken barat ke puncak, dia yang bawa peralatan kelompok pake carrier, lumayan berat juga. Tadinya dia didepan gue, lima menit kemudian dia ilang. Anjir, ngga bawa carrier aja gue ngos-ngosan. Lah dia? Tau-tau udah sampe puncak. Pas dari puncak ke surken barat juga gitu, bahkan dia nyuruh gue turun duluan sementara dia masih harus packing. Gue bener-bener ngga liat dia lewat, serius. Tau-tau dia udah nungguin di surken barat. Horror banget kan. Makanya pas jalan turun dia lebih milih di belakang, takut lebih khilaf daripada gue.

Gue demen nih tau-tau besok laporan udah jadi. Dia ngebantu kelompok banget sih, cuma kasian dianya aja. Dengan begitu, orang lain pasti jadi ngandelin dia. Gue juga gitu jadinya *parah banget emang* Ohiya, selain itu, dia juga makhluk astral yang ternyata bisa liat sesamanya *bisa liat makhluk astral gitu maksutnya.

tampak belakang. dijalan datar aja gue nga bisa ngejar.
tampak depan. ini nih.
ngembat kamera orang, foto-foto di surken barat, sementara gue masih harus berjuang turun dari puncak.
jangankan di surken barat, di puncak aja banyakan foto dia daripada gue:'
Satu lagi perjalanan tak terlupakan *tsahh* Semoga habis ini tambah seru lagi, terutama perjalanan turunnya. Alhamdulillah kelar sudah satu lagi postingan ngga jelas dari gue. Sekian deh postingannya. Gue tutup pake foto bareng-bareng caang:')

Cieh. Semoga lengkap terus sampe kedepannya. Aamiin:')

4 comments: