25.10.15

33 Jam Menggila: Buniayu

Hayyy!!! Yha lama banget ternyata gue ngga ngepost :B Perasaan kemaren banyak yang mau di post.... tapi ah sudahlah ngga penting.

Ceritanya gue jadi supersibuk gitu di kampus. Sok sibuk lebih tepatnya. Empat kepanitiaan, dua organisasi, dua puluh satu sks, dan kerjaan rumah. Ya gitu. Jadinya ngga fokus dan kalo liat list tugas rasanya malah mau tidur atau guling-guling aja di kasur ngga mau bangun (padahal udah jam setengah delapan dan masuk kuliah jam delapan).

Yeah. Itulah mengapa gue melarikan diri dari kenyataan.... melarikan diri..... yang ujungnya..... malah jadi sulit untuk kembali ke kenyataan.....

Gue ikutan tim advance fun trip KSG-GMC pergi ke Goa Buniayu hari Sabtu-Minggu kemaren. Padahal gue staff acara, bukan staff advance, dan bukan juga bagian dari PI-BPH. Dan gue orang ketujuh. Jadi jombs gitu di perjalanan wkwkwk. Yang ikut ada zulfa&bubu, ka devina&ka ammar, ka otto&ka naili (tim motor). Dan gue :")

Day I

Jalan dari Lenteng ke Bogor menghabiskan waktu sekitar 45 menit. Meeting point di Stasiun Bogornya. Terus jalan kaki dari Stasiun Bogor ke Stasiun Paledang. Sumpah w baru tau ada stasiun paledang, jaraknya cuma 10 menit jalan kaki dari stasiun bogor. Dari stasiun paledang kita naik KA Pangrango kelas ekonomi jurusan Bogor-Sukabumi dengan tarif 20.000 per orang dan durasi sekitar 3,5 jam.

Kok lama? Soalnya sempet terhambat gitu karena di daerah Cigombong, rel keretanya melengkung dan ngga bisa dilewati. Akhirnya ngaret satu jam, baru sampe di Stasiun Sukabumi jam setengah lima. Dari stasiun sukabumi ke goa buniayu harus dua kali nyambung angkot, sekitar satu jam baru nyampe. Medannya? Beuh... naik turun belok-belok. Kalo mau ke Goa Buniayu dan naik angkot dari Jubleg, harus persiapan minum antimo biar ngga mabok.

Karena gue mabok :')

Tim angkot nyampe duluan di pintu masuk kawasan Goa Buniayu sekitar jam 6 sore sementara yang tim motor baru sampe sekitar jam 9 malem karena nyasar (hampir sampe ke Pelabuhan Ratu katanya). Untunglah ada warga sana yang berbaik hati mau nganterin sampe ke jalan gede yang mengarah ke Goa Buniayu.

Acara malemnya cuma evaluasi, rencana buat hari minggu, masak, dan itung duit. Sisanya tidur.

Day II

Katanya pada mau bangun jam 4, tapi gue bangunin dari jam 4, baru pada bangun beneran sekitar jam 6 :') gue sedih :') ngga sih, biasa aja sebenernya. Hari ini caving!!! Gue bersemangat. Eh tapi survey lokasi dulu karena kemaren udah kemaleman untuk menjelajah sekitar.

tempat nge camp. kek camping fun gitu ya...
Akhirnya kita yang tim angkot caving dan yang tim motor nyari kepastian ibu-ibu catering.

ciat ciatttt udah macem astronot gitu bajunya :')


Fyi goa yang kita pilih itu goa yang vertikal. Serem banget bok liat nih turunnya pake tali begini :'

Turunnya 18 meter booook whiiiii
begini nih setelah udah nyampe bawah

baru mulai jalan udah ketemu sungai... kalo kemarau cuma semata kaki, kalo penghujan bisa sampe pinggang, bahkan katanya goa nya bisa tenggelam...





dinding goa, bagi yang suka geografi fisik seru banget nih


celah! itu kebawahnya dalem banget sekitar 8 meter.

jurang pertama...


jurang kedua....

celah lagi


lagi-lagi celah, tapi ngga terlalu lebar


cekungan(?) lumayan dalem tuuh sekitar satu meter.

jurang tiga

masih di jurang tiga tapi kami tak menyangka harus begini sisa perjalanan kami...

nah ini.. naiknya seru bat yak..

turunan bingung: gue nginjek yang mana dulu ya?





celah lagii

nah itu lumpur. iya. lumpur...
Setelah gambar diatas, semuanya tak terdeskripsikan. Bisa sih di deskripsiin........... ya gitu. Tidak dapat terdokumentasikan karena kondisi penuh lumpur. Gilz. Musim kemarau aja aernya bisa sepinggang, apalagi kalau penghujan? Dan lumpur itu sampe lutut. Kadang sepatu bot yang kita pake kelelep di lumpur dan kalo udah begitu harus nyeker dulu dan ngambil botnya dari bawah.

Selain kondisi lumpur yang subhanallah-aku-ngga-lagi-lagi-ke-sana, kondisinya makin mengerikan. Jurang tambah banyak. Jalanan semakin sempit. Lumpur bikin pijakan jadi licin. Kalo ngga nyalain headlamp, kondisinya bener-bener gelap total. Gelap banget. Ngga bisa liat apa-apa **yhaiyhalhaaaaa*

Kalo ngga ada air atau ngga ada kelelawar, suasananya hening total. Kalo ngomong atau nyeletuk kasar pasti diliatin sama guidenya **yhaiyhalhaaaaa** Dan kita juga ngga tau kan disana ada "siapa" jadi harus bener-bener jaga omongan. Percaya ngga percaya si.... tapi serem juga kan kalo kenapa-kenapa di dalem goa. Jurang semua lagi isinya astagfirullah :'

Seru si tapi.... kalo takut mah.... wkwkwk seru banget sih tapi.

Apalagi ketika melihat cahaya matahari. Cahaya matahari lho ya bukan cahaya headlamp :(


Seneng banget berasa keluar dari manaaa gitu:'

Terus bersih-bersih di Curug Bibijilan.




Udah. Terus pulang deh. Ehiya pulangnya kita nebeng gituu. Seru dah. Biasanya kalo di kota-kota nebeng palingan lima belas menit gitu yak, ini kita nebeng sekitar 45 menit. Dari pedalaman sampe menemukan peradaban(???) Nggak gitu juga sih sebenernya. Terus nyambung-nyambung angkot karena kita kehabisan tiket kereta untuk balik. Sepanjang perjalanan pulang gue cuma tidur. Berangkat dari Buniayu jam 13.30, baru touch down Pasar Minggu sekitar jam 20.30 :''')


Huftinaaaa seneng bangettt tapi gue ngga mau masuk goa lagi :') Udah ah besok ada uts pengindraan jauh sama geoman :') semoga fun trip nya lancarrr wiiii.

2 comments: