1.11.16

61 jam...: Gunung Sumbing

Mimpi apa gue tengah semester gini nekat pergi ke geomer kabupaten penelitian KL seminggu lebih awal. Bukan, bukan buat advance KL-_- ini... iya. Ketebak banget ya. Jumat kemarin gue mendadak mbatalin janji gue untuk ikutan aksi ke istana negara bareng anak kastrat, dan temen gue yang anak kastrat itu udah tau gue mau kemana-_-

Day I
Janjian jam 5 sore di depan gereja kudus pasar minggu, kita berempat jalan ke wonosobo naik bus Sinar Jaya. Gue pikir Mba Rere ikutan, taunya dia cuma nganter aja. Yes, literally gue cewe sendiri. Di bus gue duduk sama Mas Jo. Dia kelihatannya baik-baik saja setelah mengetahui kalau gue masih kuliah *trsknp* Tidur kek orang bener di bus selama 12 jam-_-

Day II
Nyampe di Terminal Mendolo jam 5 pagi. Kita berempat bego-bego sebentar sambil ngecharge handphone. Pick up yang bisa nganter sampai ke basecamp baru ada jam 8an. Kita juga harus mesen tiket pulang dan loket dibuka jam 7. Dan ada satu orang lagi yang mau ikutan, dari Bandung, dan posisinya masih di Sokaraja, mayan jauh. Sekitar jam 8 Mas Robby, yang dari Bandung, akhirnya sampai. Orangnya agak gemuk, logatnya meni sunda pisan euy:'

Kita ke basecamp naik pick up berduapuluh (ini serius) barengan sama pendaki lain. Tapi mereka mau ke Sindoro. Iya, basecamp Sindoro via Kledung dan basecamp Sumbing via Garung itu sebrangan:') Jadi sekalian kita nebeng.

Di basecamp garung, Mas Angga dan Mas Condet ketemu sama temen mereka, Mba Hilda, yang juga mau naik bersama tiga temannya. Akhirnya kita naik bareng aja bersembilan.

SERU GILAK ke Pos 1 nya naik ojek... keseruannya tidak dapat digambarkan dengan kata-kata:' pokoknya kalo kesana lagi gue mau video-in:( suaranya kaya tawon, jalannya cepeeet banget padahal nanjak, medannya berbatu, kelok-kelok:(
kek gojek ye abangnya:( btw iya itu gue duduk di depan.
Nah di sepanjang jalan naik ini, gue lebih sering jalan sama Mas Robby. Padahal kita semua barang bawaannya mah sama-sama berat... entahlah mungkin Mas Robby dan gue lagi bersemangat naik. Terus jadi bertiga bareng sama Mas Angga juga.
ini jalur apa sih:( tapi masih ada yang lebih manthap:')

inimah bonus:')
nha ini climbing wakakakak
Kita jalan jam setengah 11 dari pos 1, sampai di pestan jam setengah 3 sore. Kondisinya gerimis lucu, berkabut. Nama posnya Pestan pula.... itu singkatan dari Pasar Setan katanya:'' setelah bikin tenda, kita masak. Eh terus Sindoronya muncul dari balik kabut:'))) jadilah foto-foto lucu.

sindoro with lenticular cloud uuu

pestan dan kabutnya kala itu
Namun tak lama hujan turun kembali. Karena gue kedinginan, jadilah gue kerubutan sejadi-jadinya di tenda. Mana miring tendanya, alhasil merosot terus. Dari jam 7 malem, gue lihat jam tiba-tiba udah tengah malem. Mana tenda sebelah ngeri banget pula...
"Kamu siapa?!"
'Ini aku Hilda...'
"Kamu yakin kamu Hilda? Emang kamu asalnya dari mana?"
'Ini aku Hilda dari Jakarta, temen kamu...'
Terus temen cewenya si Hilda ngaji... Terus gue ndengerin Mas Rob sama Mas Jo cerita tentang hidayah agama gitu dah rangerti. Lalu pukul 3 pagi Mas Angga rusuh ngebangunin buat summit. Pada saat itulah... gue ndenger suara gamelan for the first time in forever di atas gunung dan suaranya jelas banget. Dan ngga ada orang lain yang ndenger selain gue. Okesip.
cerahnya malam kala itu... tapi suara gamelan mengalihkan segalanya
Summitnya gila banget. Da best treknya. Katanya 2 jam cukup... tapi rasanya ngga nyampe-nyampee :''))) tapi akhirnya dari jam setengah 4, jam setengah 6 udah sampai di Puncak Buntu. Terus kita move on ke Puncak Kawah. Agak sedih sih karena ngga ke Rajawali nya tapi it's okay itung-itung kita memang cuma iseng kesini wakakak. Dan gue bersyukur banget karena cuaca pagi itu cerah, so clean, no cloud anjazschhh bahagia gue ngga sia-sia kesini:'''))))

ditengah jalan lagi summit, lelah, dan melihat kebelakang... begini bentuknya:')))
ada kawahnya :o
sunrise kala itu... kelihatan banyak gunung... merbabu merapi lawu arjuno uwuwuw
di puncak buntu...
di puncak kawah wkwkwk

Pas turun, baru berkabut. Dan gue ngga ngerti banget gimana cara turunnya wakakak. Tapi alhamdulillah sejam kemudian gue nyampe di camp. Disana kita masak, makan, dan cerita-cerita tentang kejadian semalem. Yang tenda sebelah sampe ngaji, terus gue denger gamelan itu:') yang paling parah Mas Robby... dia tengah malem habis cerita sama Mas Jo, ngelihat ada orang menggigil di luar tenda. Dia kira ada yang hipo sampe lost control gitu kan. Eh pas dia samperin orangnya malah ngilang. Okesip.

Setelah packing kita pun turun. Di jalan turun ini gue sempet jatuh nyrosot, mana jatohnya satu badan, diketawain lagi sama Mas Jo-_- Ntu medannya nerbener dah gue mendingan Selo dari pada ini:') Turun ke basecampnya naik ojek lagi:') mantap jiwa laaah.

Setelah sampe basecamp, makan, bebenah, bebersih, kita pun pulang. Gue duduk sama Mas Jo lagi. Kali ini lebih absurd, tidur sampe mangap-mangap, kejedot-jedot pula kepala, mantap jiwa lah. Pagi-pagi pas sampe rambutan turun dari bus, baru berasa kaki langkuy banget haha.

Agak sedih sih karena mesti kembali ke kenyataan:' Apalagi gue tetiba teringat tugas gue yang ngga kunjung gue kerjain padahal udah pada lewat dari deadline semua hahaha:''' Udah ah, mau ngerjain tugas lagi:' Babhay:'''