13.2.17

3 hari nyelundup

Baru masuk kuliah ngga ada empat hari, gue udah berasa tua. Lelah, letih, lemas, lesu. Gilak yak. Masuk kelas kuliah lapang tiga, udah diwajibkan ngumpulin abstrak penelitian seminggu setelah pertemuan pertama. Astaga dosa apa hamba baru masuk udah begini?:''' Dosa hamba memang banyak sih:''' Eits, ada yang lebih gila. Tiba-tiba Sodi ngajakin ke Sawarna, katanya bareng anak kapa dari teknik. Namun yang paling gila dari itu semua adalah gue: mengiyakan jalan WKWKWK

Day I
Tadinya mau bertiga sama Bubu, tapi Bubu mendadak ngga bisa-_- jadilah akhirnya gue dan Sodi ke teknik pada Jumat sore untuk ngumpul sebelum jalan. Terus gue tercengang melihat sekret kapa, yang digabung sama badan-badan lain sefakultas, tapi sumpah gede dan pewe banget. Buka 24 jam lagi.

Ada banyak budaya positif disini yang bisa diterapkan di gmc juga. Sebelum pergi, anggota aktif yang ikut maupun yang ngga ikut ngadain ceremonial pelepasan untuk yang pergi, terus dibacain juga SOP lengkap per bidang sebelum jalan. Kece bat. Yang pergi ke Sawarna ini ada 23 orang, naik tronton. Jadilah gue bermabok-mabok antimo di tronton.

Day II
Jalan jam 21.40 malam, nyampe jam 05.00 pagi. Dari tempat berhenti tronton, kita semua jalan ke rumah Pak Dado, kenalan anak kapa kalo mereka mau caving. Ya, jadi kesini kita mau eksplorasi Goa Lalay dan Goa Kadir. Ngga pake istirahat dulu, kita langsung bagi shift. Ada yang masak, ada yang nyiapin peralatan untuk langsung masuk goa.

ada yang masak
ada yang nyiapin alat
nyebrang lewat jembatan gantung ini ke goa lalay
pintu masuk goa lalay







Di Goa Lalay ini jalurnya ada banyak, bahkan ada yang nembus ke atas. Tapi karena ngga nemu jalannya, akhirnya kita trackback. Dan baju caving kita udah penuh lumpur karena goa ini termasuk goa basah. Ya jelas, pintu masuknya aja lewat sungai. Agak kesian sama shift 2 yang kudu pake baju lumpur itu. Tapi nanti gue juga bakal pake baju penuh lumpur itu untuk ke Goa Kadir.

disini anak-anaknya kalo main di kali kaya begini, ngga pake celana:')) bahagia banget kayanyah

gantian shift 1 yang masak
Setelah sekitar 3 jam eksplor di Goa Lalay, kita shift 1 akhirnya keluar dan gantian sama shift 2 yang mau eksplor ke Goa Lalay juga. Sekitaran jam 4 sore, shift 2 baru kelar dan kita yang shift 1 langsung siap-siap ke Goa Kadir.

jalan ke Goa Kadir

baru masuk disambut ini

Ornamen di Goa Kadir
Goa Kadir ini bukan goa basah, malah kering, isinya tanah coklat yang kering gitu. Baru pas masuk ketemu tetesan-tetesan air dari atas makanya tetep ada lumpur di beberapa titik. Goa Kadir inilah yang paling berkesan buat gue sepanjang sejarah per-caving-an gue. Ada satu lokasi yang disebut "lubang jarum". Jangan tanya bentuknya kaya gimana, jongkok aja ngga bisa, kudu tiduran terus kaya julung-julung biar bisa masuk. Da bes.

Ornamennya juga beda. Ornamen di Goa Lalay kebanyakan bukan ornamen hidup (bukan ornamen yang masih bisa berkembang, yang hidup biasanya masih dilewatin tetesan air). Sementara di Goa Kadir, hampir semuanya ornamen hidup, yang kudu hati-hati lewatinnya biar ngga patah :'''

"harta karun" kristal di ujung goa kadir

Ornamen di goa kadir

sehari jadi anak teknik *eh*
Keluar dari Goa Kadir jam 9 malem hahaha dan yang shift 2 masuk jam 10 malem. Ngga ngebayang apa rasanya ya baru masuk goa jam 10 malem._. Dengar punya dengar, asal-usul nama Goa Kadir itu dari nama warga lokal yang katanya hilang di dalem goa tersebut. Aku jadi merasa horror. Untung dengernya pas udah keluar goa. Yang shift 1 langsung bersih-bersih, makan, dan istirahat.

Day III
Kita tidur ngampar di teras rumah Pak Dado. Banyak nyamuk, padahal dingin._. Jam setengah 3 pagi pada ribut ngebangunin karena ada eval harian. Gue dipersilakan bobo lagi tapi gue kepo hahaha. Eval malem ini ngebahas buat hari selanjutnya, mau ngapain, terus tiap pj-nya masih harus ngapain. Pokoknya pagi udah harus jalan ke pantai biar pulangnya keburu. Selesai eval tidur lagi deh.

Rencana jalan jam 8 pagi, akhirnya baru jalan jam 9an. Nama pantainya itu Pantai Legon Pari. Di pantai pada main dan foto bareng. Deket situ ada dua lokasi karang, di timur (Karang Tareje) sama di barat (Karang Beurem). Tadinya Sodi ngajakin ke timur, tapi akhirnya gara-gara gue kita jadinya ke barat.

Legon Pari

Karang Beurem (1)

Karang Beurem (2)

Karang Beurem (3)

gatau ini apa tapi lucu
Akhirnya jam 12an kita jalan balik ke rumah Pak Dado, packing, rapi-rapi, lalu pulang. Sempet diajakin ikutan kegiatan kapa lagi minggu depan, mereka ada rock climbing sama olahraga air. Tapi kayanya gue kudu fokus KL 3 dulu hahaha. Semoga judul penelitian KL gue cepat terbersit dalam pikiran:''

No comments:

Post a Comment