18.8.16

a day with ketum hmdg 16

Kok gitu ya title-nya hm sebenarnya kurang menarik. Tapi apa daya mager mikir:'

Iya, 17 Agustus 2016 gue "jalan-jalan" sama Sodi. Agak bosen sebenernya setelah dua kali simul bareng, dua kali panjang bareng, advance the villas nyasar di kebon pisang bareng, ke lombok bareng, balik dari bpab hampir selalu bareng, kepanitiaan pseg bareng, di hmd bareng, di gmc sama-sama di bidang diklat juga. Eeeh sekarang pas gue mau "jalan-jalan" berakhir sama Sodi juga. Ini semua karena Owet...

Jadi kemarin di grup sempet ada wacana mau jalan. Terus Owet bilang di grup "Gaada yang ikut gue tetep jalan". Gue pc Owet karena mau ikutan. Keesokan harinya, gue bertemu Sodi. Kata Sodi, Owet jadi ikutan acara survey di Cirebon. BETAPA PHP-NYA DOI ASTAGA. Terus entah kenapa gue lagi ngide banget, nyeletuk "Kita tektok Pangrango aja, Sod, cepet kok via Cibeureum."

Kebetulan, kata Sodi kemaren Mase juga begitu, tapi cuma sampe Kandang Batu. Gue berpikir, mungkin kalo ngga ada patroli, bisa tetep muncak. Kandang Batu itu jaraknya udah lumayan banget. Tinggal satu pos lagi, terus muncak. Yaudah gue nyeletuk lagi, "Yaudah deh gue kesana sendiri aja lah, ya."

Jadilah celetukan gue dibawa serius karena Sodi juga mau ikutan, sampe milih tanggal: 17 Agustus 2016. Ngga ngerti kenapa harus pas banget sama hari kemerdekaan. Katanya sih tanggal segitu Sodi lagi ngga ada jadwal rapat-_- Terus menentukan waktu dan tempat ketemuan: jam 5 pagi depan mares. Kita berusaha ngajak-ngajakin yang lain... tapi pada gamau ikutan. Yaudah berdua doang akhirnya.

Tapi entahlah, perasaan gue ngga enak._. Rencananya naik ngga bawa apa-apa, prakiraan cuaca badai petir, TNGGP lagi ditutup buat pendakian wahaha pendakian ilegal. Akhirnya gue ngechat Rani buat jadi pemantau w. Ehehe.

Saat hari H, kenyataannya gue baru sampe mares jam 5.30 pagi. Naik motor ke Cibodas dari mares pagi-pagi... begitu udah di Cisarua beuh mantap banget dinginnya. Sampe di Cisarua, berenti buat beli jajanan. Disini gue baru sadar ternyata dari tadi Sodi masih ngantuk, matanya merah banget wahaha jahat gue yak-_- tapi ngga mungkin juga kalo gue bawa motor.

Iya, biar ngebut. Gue mana berani ngebut di tikungan-tikungan yang ada di puncak. Ngeri banget. Saking ngebutnya, mares-Cibodas cuma dua jam (((dua jam))) Nyampe di Cibodas jam 7.30 pagi. Habis sarapan di warung deket sana, terus jam 8 pagi kita udah mulai treking. Treking naik ini bener-bener treking terngebut yang pernah gue lakukan.

akhirnyaa sampai di gerbang masuk
Mulai treking: 8.00
Sampe di Telaga Biru: 8.29 (basecamp-telaga biru 1.6 km)
Sampe di Persimpangan Curug Cibeureum: 8.42 (telaga biru-persimpangan 0.8 km)
Sampe di Air Panas: 9.58 (persimpangan-air panas 3.2 km)
Sampe di Kandang Batu: 10.21 (air panas-kandang batu 0.2 km)
Sampe di Air Terjun Pancaweuleuh 10.25 (kandang batu-pancaweuleuh 0.1 km)
Total jarak ditempuh: 5.9 km
Waktu tempuh: 2.5 jam
Kecepatan: 2.36 km/jam (habis makan NOS)
Sisa jarak ke Pangrango: 5.4 km

Telaga biruuu!
cerah:( mau ke puncak:(
Persimpangan Cibeureum-Jalur Pendakian. Kalo naik lewat jalan yang di sebelah kanan itu ke arah puncak. Pas kita jalan lewat situ diliatin orang-orang._.
air panas... disini airnya beneran panas... terus licin...
lumutnya tebel di air panas
air terjun pancaweuleuh
Dari air panas, kita udah ketemu sama ranger sana yang lagi patroli. Pas mau tanya boleh naik apa ngga, mereka udah jalan duluan. Ya akhirnya kita memutuskan untuk ngejar ranger tadi. Posisi mereka pas kita kejar udah ada di setelah Pancaweuleuh. DAN GABOLEH NAIK HIX SEDIH GILAK. Tapi apa daya... demi kelangsungan ekosistem:'

sebagai gambaran betapa sedihnya w udah setengah jalan disuru balik:'')
Padahal kalo gue perkirakan, dengan naik terus dan gaberenti kaya begini, bisa sampe puncak jam tiga sore:' Sodi bahkan udah ada bayangan nyampe puncak. Sedih banget yak. Yaudah akhirnya kita menghabiskan sisa waktu yang ada dengan berendem di air panas dan maen aer di Cibeureum.

Berendemin kaki di air panas... disini ngga panas sih, anget-anget lucu gitu.
Di air panas ini ngobrol ngalor ngidul tentang gunung-gunung. Katanya di Rinjani di tempat ngecampnya, kalo laper tinggal mancing, kalo capek tinggal berendem di air panas. Terus Semeru wahahaha gue bilang gue kayanya ngga akan ke Semeru, Sodi juga bilangnya cukup dia sampe Ranu Kumbolo aja. Arjuno... akhirnya gue minta maap juga ke Sodi gara-gara "nyeret" dia biar lari-lari turun gunung:( Agak sia-sia sih karena Sodi mengakui kalo turun gunung dia emang khilaf dan kayanya emang ngga ditakdirkan jadi sweeper turun.

Terus gue ceritain perjalanan gue ke Slamet karena ternyata Sodi belum pernah ke Slamet sama ke Sumbing. Kalo ke Merbabu dia udah berkali-kali, mau tanya tentang jalur-jalur di Merbabu kayanya dia udah khatam:( Gue bilang, kayanya semester depan gue bakal jalan terus gara-gara jadwal kuliah gue enak wehehe. Dia bilang dia pengen jalan juga kaya gue tapi belom kesampean... sibuk sih-_-

Yaaay dinginnn yaaay tapi kenapa muka gue gembira banget yak?
Itu kaki kalo nyelup begitu rasanya langsung beku. Kena tampias dari air terjun dibelakang pula. Mantap lah.
Kemudian gue baru tahu kalo Sodi orangnya pemikir. Kesian kadang gue sama orang-orang pemikir itu (karena kadang gue juga begitu). Banyak banget... terlalu banyak malah hal-hal yang dipikirin Sodi, sampai ke hal-hal terkecil, dan rata-rata bukan tentang diri dia sendiri. Lalu gue mengungkap alasan tentang kemampuan "menghilang"-nya yang legendaris wahahaha benci banget gue kalo Sodi tiba-tiba ngilang ngga bisa dihubungin. Tapi sekarang gue paham, dan kayanya bakal begitu juga suatu saat wkwkwk.

Yang paling sedih ketika ngomongin tentang peer di geo. Ada kalimat yang terucap dari Sodi dan menurut gue sedih banget "Yang ngga punya peer itu justru yang paling kesepian," Kok sedih:''' gue juga ngga ada peer tapi kayanya ngga kesepian amat:''' Terus ngomongin tentang adanya peer yang "lebih tinggi" dari peer lain. Lah aneh-aneh dah. Dia juga belum menemukan temen yang cocok buat diajak curhat di geo, Gue bilang, curhat aja sama temen SMA atau orang-orang yang lo biasa curhatin.

Eh dia bilang gini: gue ngga pernah curhat.
YA PANTESAN AJA JADI BEWOKAN GITU wong ngga curhat... dan ngga dicukur juga.

tuh bewokannn! bewokannnn
Tapi dia bilang dia dipaksa curhat sama anak-anak pi hmd. Baguslah hahaha.

Terus sepanjang jalan Sodi nyindir gue mulu astagah, kan lagi refreshing yak, lihat air terjun sambil makan coklat, namun kesenangan itu kemudian harus dipatahkan oleh sebuah pertanyaan "Windrose gimana?", atau celetukan, "Ya kaya sekret aja, ngga kelar-kelar sampe sekarang." Nyengir full mode on. Kemudian gue mengalihkan topik.

ya kan? menatap air terjun sambil makan coklat:'( bengbeng deng:'(
Habis maen di Cibereum kita pulang. Tidak lupa mengabari Rani kalo udah touchdown basecamp. Terus Sodi bilang kalo dia kayanya harus sering-sering begini karena ngga terlalu capek juga. Gue ajakin lagi naik bulan depan wahaha semoga yang ngikut juga banyak ngga cuma berdua begini. Owet sih pasti ikut.

Lalu dijalan kehujanan mulai dari The Villas sampe ke Depok. Mana di puncak macet ada parade nujuh belasan. Sodi di jalan ngantuk pula. Hujannya kaya hujan kerikil keras banget. Nyasar pas di Bogor. Kena banjirlah. Di Jalan Raya Bogor itu rasanya lamaaa banget ngga sampe-sampe padahal udah kedinginan. Astaga da bes lah itu perjalanan pulang.

Pulangnya Sodi ngajakin makan dulu di warteg di kober. Tadinya mau di qimpul tapi penuh banget aseli, puter balik deh jadinya. Pas Sodi udah lepas helm, gue lihat lagi matanya. Merah banget sumpah lebih merah dari tadi pagi. Gara-gara kena air ujan yang kaya kerikil itu:''' Terus pas lagi makan ndengerin siaran tv on the spot yang lagi mbahas Alas Purwo._.

Udah deh balik. Hingga kini Sodi menyalakan mode "menghilang"-nya yang legendaris itu. Tapi besok pasti muncul, ngga mungkin ngga soalnya ada acara psad haha. Udah gitu aja cuma mo ceritah perjalanan ngga jelas ini wkwkwk.