28.11.16

47 jam...: Gunung Salak

Iya... gue baru saja selesai mendaki salah satu gunung yang sudah pernah gue daki(?) Gunung Salak. Satu-satunya gunung yang "memanggil-manggil" gue dari awal semester. Iya, dia muncul dari balik awan, dadah-dadah dari sana, kelihatan dari gedung geo atau perpusat:''

penampakan gunung salak dari H. 404

Akhirnya gue, lagi-lagi, mencari temen naik untuk ke puncak 1 nya. DAN ADA BOK yang mau kesana-_- sempet gagal karena di kelompok jalan yang pertama tiba-tiba banyak yang gabisa ikutan. Walhasil gue nyari lagi, dan ada, dan mereka fix beneran mau jalan.

Day I
Titik kumpul kita di terminal Kampung Rambutan. Begitu ketemu, ternyata tinggal gue yang belom dateng wakakak. Kita jalan dari sana sekitar jam 11 malem, naik mobilnya mas den. Enak banget ya?

Day II
Sempet mampir di indomaret, terus kita sampai di basecamp jam 1 malem. Nganget, makan, terus bobo. Dingin banget gilak. Gue sama mas nizar akhirnya tidur di mobil gara-gara gakuat tidur di luar haha.

Besok paginya dibangunin... gatau sama siapa, jam 5 pagi-_- gue mau ngga mau akhirnya bangun, tapi rada nyesel gitu soalnya mas nizar baru bangun jam 6... mayan kan tidur sejam lagi. Makan, siap-siap, repacking. Dari basecamp ke gerbang masuk jalur pendakiannya jauh banget. Kalo jalan kaki mungkin sekitar 1-2 jam kali ya. Untungnya kita bawa mobil, curang wahahaha cuma 20 menit. Mobil di parkir di tempat makan deket gerbang pendakian jalur normal. Kita naik lewat jalur evakuasi karena kebetulan mas den udah pernah ke sana. Katanya, beda jaraknya jauh banget sama yang jalur normal. Kalo pendakian jalur evakuasi cuma ngabisin waktu 7 jam, lewat jalur normal bisa nyampe 10 jam... mayan yak.

penampakan gunung salak yang terhalang pohon dan awan...
foto di depan gerbang jalur normal

Jalan dari jam 8.25 pagi. Jalurnya? MANTHAP JIWAAA. Lumpur, akar, batu, tebing. Banyakan lumpurnya ketimbang rasa bahagia gue. Pas udah di ketinggian 1600an kalo gasalah, hujan turun. Jalurnya makin menggila. Disitu gue merasa mental gue nge-down parah. Biasanya lutut ketemu dagu kan ya kalo di gunung lain. Di salak mah ngga, lutut ketemu jidat nahloh gimana tuh bayangin aja sendiri jalurnya kaya apa wakakak. Tapi mau gimana lagi? Mendingan cepet-cepet nyampe biar bisa ngecamp dan istirahat kan?

Curug Nangka
trek jalur yang dipenuhi akar...
lompatan takdir... fyi itu bukan tanah biasa, tapi lumpur... yang kalo kejeblos bisa sampe selutut.
masih akar dan batu
setipis-tipisnya jalur...
jembatan setan... kanan kiri jurang, cuma bisa liwat kayu yang ada di kanan itu. Bisa juga lewatin batu putih yang ditengah tapi resikonya jauh lebih besar karena batu dan tanahnya ngga stabil. Tapi iya... gue lewatin batu putih itu gara-gara ngga berani lewat kayu:''
 Nyampe di puncak bayangan jam 14.35 subhanallah alhamdulillah. Hingga matahari terbenam kaga ada sinar mentari barang sedikit.

ada burung ini di puncak bayangan, warnanya hitam kebiruan keren banget aseli.
 Gue belum makan sore dan ketiduran-_- Anehnya gue ngga merasa lapar:| Gue setenda sama mas nizar dan om fajar. Kondisi di malam hari horror banget:''' gue kebangun jam 10 malem dan ngga bisa tidur tenang gara-gara suara anginnya parah banget. Kedengeran gitu, suara angin naik dari lembah di timur, terus dari lembah di barat ada angin jugaaa. Begitu mereka ketemu di atas puncak bayangan, suaranya ribut banget. Lebih dari suara ombak.

Yang horror sih ada suara tapak kaki pake sepatu di deket tenda gue, cuma empat kali langkah. Ya kali jam 12 malem ada yang keluar pake sepatu. Kita semua pada pake sendal pas ngecamp karena sepatu penuh lumpur. Dan yang ngecamp disitu ya cuma kita berlima... Mana kebelet pipis banget kan gue jadi ngga berani keluar:'' UNTUNGNYAAA mas nizar tiba-tiba kebangun dan hendak keluar. Pas gue tanya mau kemana, dia jawab mau pipis. Gue sekalian aja minta temenin wakakakak saking ngga berani sendiri:'' bodo amat dah yang penting ada temennya.

Kita summit jam 6. Gara-gara kabutnya ngga ilang-ilang. Sedih juga kan kalo diatas ngga bisa lihat apa-apa. Treknya? Lebih manthap jiwaaa. Ada satu tebing yang disebut tanjakan iblis. Itu bukan tanjakan bok, itu tebing. Cuma satu yang gue pertanyakan saat itu: anjir turunnya gimana?

tanjakan iblis. angle fotonya jelek hix padahal itu sebenernya tebing:'
akhirnya...
AKHIRNYA SAMPAI JUGA DISINI!!! Jam 7 pagi. Subhanallah walhamdulillah. Akhirnya nyampe puncak, meskipun kabutnya ngga ilang-ilang. Jadi berasa foto studioh. Di puncak ada yang ngecamp juga masa. Ngga kebayang anginnya kaya apa:'

di puncak ada makam...
banyak ketemu kupu-kupu iniii
Turunnya? Fantastis! Kudu balik badan biar bisa turun. Apalagi kalo lewat tebing-tebing gila itu:'' Seperti biasa, dalam menghadapi turunan-yang-pas-nanjaknya-dagu-sampe-ketemu-jidat itu, gue menggunakan jurus maut gue: jongkok. Iya jongkok, terus kaki gue "ngeranggeh" tanah di bawah wakakak:'' Tiap kali ketemu "kobangan" lumpur mesti setengah mati berusaha menghindar, tapi kalo salah langkah terus kejeblos ya kudu ikhlas... yaudah lah ya...

sepatu dan legging penuh lumpur... yaudah lah ya
kawah ratuuu yang mengeluarkan suara gemuruh dan bau kentut
lumpur lagi... akar lagi... webbing lagi...
akhirnya aspal jugaaak :'')))
 
And finally touch down warung makan deket gerbang masuk. So happy selamat sampe turun lagi. Karena sejujurnya pas diatas gue terngiang-ngiang cerita warlok yang bilang habis ada cewe yang meninggal gara-gara jatuh dari tebing:'' Ah sudahlah lupakan. Meskipun begitu gue bahagia telah menginjakkan kaki di puncak salak satu:')

Dan akhirnya gue harus kembali ke kenyataan dan menyelesaikan laporan-laporan gue yang gue tinggalkan :''')))

No comments:

Post a Comment