27.12.16

57 jam...: Gunung Pangrango

Gue dengan gegap gempita meski uas dan tugas masih menunggu... pergi ke pangrango. Kata temen-temen gue, gue gila dan sudah hilang akal... apa sih wakakak emang iya sih. Siapa juga yang ngga stress sama tugas-tugas... bayangin aja tugas uas gue: 2 video, 2 survey lapang, 3 ppt, 4 review jurnal asing, 5 makalah... kobam men. Kelompok semua pula itu makalahnya, ada yang kudu dijilid pake softcover segala lah hadeuh. Belom lagi itu bentuk uasnya macem-macem, ada yang tulis, ada yang kayak sidang skripsih. So... melarikan diri sejenak seems good hahaha.

Day I
Gue mengiyakan ajakan mas den ke pangrango h-3 jam keberangkatan-_- lagi tengah-tengahnya ngerjain uas apaan itu yak lupa gue, di perpusat, dan gue langsung balik ke rumah buat packing. Gila emang. Tapi biarlah, kapan lagi kaya gini. Yang ikut cuma berempat, gue, faiz, napong, dan mba dewi. Jalan dari terminal kampung rambutan jam setengah tiga, nyampe di cibodas magrib. Mulai nanjak jam 8 malem.

Targetnya sih nyampe di Kandang Badak jam 11 malem... namun karena satu dan lain hal akhirnya kita bobo di Rawa Denok 1.

Day II
Mulai nanjak jam 8 pagi dengan cuaca yang gerimis... seperti hatiku #eh. Nyampe di Kandang Badak jam 11 siang. Gue ngga nyangka bakal seberat itu jalan di cibodas dengan bawa carrier, cuma keingetan jalan sama sodi beberapa bulan lalu yang dari gerbang sampe kandang batu 2 jam doang wakakak:'' Kondisi cuaca kala di Kandang Badak saat itu agak mengerikan, mendung, gerimis. Yang gue inget cuma anginnya, dingin dan kenceng banget gilak. Baru setengah jam ngaso-ngaso pake flysheet, gue udah keteteran kaya orang bener. Kayanya sih gue emang lagi ngga enak badan.

Akhirnya menilik kondisi cuaca, kita ngga jadi nge camp di Mandalawangi. Kata warlok yang jualan disana (iya ada warunk di Kandang Badak, ada toiletnya pula cucok mauwo deh), hari-hari belakangan ini angin disana lagi kenceng banget dan dinginnya ngga kira-kira. Jarang juga pendaki yang mau ke pangrango karena lebih jauh dari pada gede.

Akibat cuaca yang dingin dan gaada kerjaan, gue dan mba dewi sukses bobo 15 jam HAHAHA parah banget dah.

Day III
Bangun dari jam 1 pagi karena tenda sebelah berisik banget mau summit ke gede. Tadinya napong juga ngajakin nanjak jam-jam segitu, tapi apa daya kita mager banget, dan kondisinya masih gerimis. Akhirnya baru jalan jam 5 pagi. Bayangin aja, habis tidur 15 jam terus badan langsung dipaksa nanjak... bego dah gue di jalan.

Jalanannya? Kaya joglog via puncak pass-_- pohon melintang dimana-mana. Kalo kemaren salak mainannya tangan, disini mainannya kaki. Dabest dah. Sempit-sempit pula jalannya:'' Dan kita sukses memecahkan rekor 2 jam kurang nyampe ke Mandalawangi.

Mandalawangi yang berkabut
Gagal guling-guling di surken...
sumber air super jerni
AKHIRNYA PANGRANGO!!! *abaikan penampakan di tugu pangrango dibelakang*

sesempit-sempitnya jalur menuju puncak:''
ntap joglog via puncak pass wakakakak

Pas jalan turun kita sempet nyasar gitu lewat jalur evakuasi (gatau evakuasi yang macem apa) bentuk jalurnya macem tebing gitu perosotan. Katanya nyampe di pos bisa cuma 4 jam dari puncak. Tapi siapa yang mau dievakuasi sambil nyerosot yak-_-

view dari jalur evakuasi. yang ngepul itu air panas.

Dan sampe di Kandang Badak, ngaso-ngaso bentar, turun jam 1 siang dan tiba di basecamp jam 5 sore. Habis itu kita makan dan bebersih, nunggu bus lamaaaa banget. Gue baru sampe rumah jam setengah 12 malem:'' Begitu dapet sinyal dicariin karena belum ngedit laporan akhir KKL 2-_- akhirnya gue harus merelakan berpisah dengan Pangrango dan kembali ke kenyataan.

Semoga liburan gue se-faedah laporan-laporan akhir gue:'')))