18.8.23

55 jam menggila: Gunung Sumbing the 2nd

Bersemangat nulis karena bener-bener seseneng itu:') Weekend kemarin gue memaksa diri gue untuk naik gunung. Iya, maksa. Sebenernya gue masih dalam masa pantauan dan ngga boleh bawa berat-berat sebenernya. Oke mungkin ceritanya mundur agak jauh dulu kali, ya. Sekalian curhat WKWKW. 

Jadi sepanjang bulan Juli itu gue kerja kejar target dan nyambi revisian tesis. Kadang ditambah juga harus nyiapin materi untuk pengajaran pra diklatnya Mapala Telkom dan ketemu lagi sama GMC dan mereka juga minta pematerian. Kerja dan revisi aja bisa sampe 18 jam duduk depan laptop seharinya. Bener-bener ngga stop apalagi setelah ujian tanggal 17 Juli, kayanya sampe 21 jam deh gue depan laptop karena ngejar revisian hingga titik terakhir.

Ngumpulin naskah cetak di tanggal 21 Juli pukul 19.00 WIB, dan di tanggal 25-28 Juli gue harus nemenin anak-anak Telkom pada mau diklat:) 22-23 Juli ngejar kerjaan, Tanggal 24 Juli persiapan dan packing. Bener-bener ngga ada napas sama sekali dan parahnya ya ngga ada persiapan fisik sama sekali. Tanggal 25 Juli trekking santai tapi belum sharing beban, 26 Juli trekking lumayan tapi beban udah sharing, nah yang rada serem di 27-28 Juli karena full buka jalur. Sejadi-jadinya gue yang buka jalur. Diperparah di atas tuh ngga ada air, jadi di 27-28 Juli itu bisa dibilang gue ngga minum yang bener.

29 Juli gue istirahat total, 30 Juli kondangan ke Nadhifa terus jajan ke PIM. Eeeh di tanggal 31 Juli gue kebangun jam 4 pagi karena pinggang sakit banget. Rasanya kaya melilit parah tapi di punggung(?) sampe ngga bisa ngapa-ngapain. Akhirnya ke IGD dan disuntik obat nyeri. Udah disuntik obat nyeri pun, nyerinya masih berasa gitu lho in the background(?) Ke internist katanya otot aja terus dibekelin obat nyeri tapi ngga mempan sama sekali. Tanggal 1 Agustusnya berulang lagi, ke IGD lagi, dan akhirnya pindah rujukan ke dokter saraf. Gejala low back pain diagnosis awal karena muscle spasm. Katanya karena kecapekan ekstrem WKWK anjir ripuh banget. Tapi untuk meyakinkan apakah bener-bener karena muscle spasm atau HNP, gue dijadwalin rongent di tanggal 24 Agustus. Lama banget.

Sakitnya masih sering kambuh, sampe takut mau duduk agak lama atau naik motor jauh karena sakitnya suka datang tiba-tiba dan sakitnya tuh bener-bener sesakit itu. Dokter sarafnya ngebekelin gue obat nyeri racikan yang kapsulnya segede ruas kelingking gue dan sekali minum bisa ngeredain sakitnya up to 10 hours. Selama 2 minggu sakitnya masih sering kambuhan, tapi di minggu ke 2 memang sudah berkurang jauh.

Pas banget weekend kemarin tanggal 12-13 Agustus itu puncaknya Perseids dan ada Delta Aquarids juga. Dan lagi musim bagus juga. Galau banget apakah gue bakalan sanggup naik gunung dengan LBP yang sakitnya ngga kira-kira itu? Mana masih belum tahu juga apakah gue HNP atau engga. Tapi emang dasar ndablek ya akhirnya gue jalan aja:'



Day I
Janjian di depan RS UKI, gue mencari gue barengan OT yang mana. Gue memutuskan untuk barengan OT supaya beban bawaan ngga terlalu berat dan memang sudah sesulit itu ya nyari temen sharecost:( Plis yang tau dimana bisa cari temen sharecost kasi tau gue thx. Kaya ada tiga pulu juta manusya deh pas gue sampe UKI pokoknya rame bat, dan teringat kan mau 17an ya jadi pantesan aja serame itu. Bener-bener serame itu sama manusya-manusya berkerir. Gue nyampe jam 21.00 dan jam 21.30 nya langsung berangkat naik elf. Jam 22.00 njemput yang di Bekasi lalu langsung cus ke Wonosobo. Jam 23.30an berenti di Subang, gue nyari makanan supaya bisa minum obat, karena punggung sudah mulai terasa nyut-nyut dan aku insecure. Di jalan tidur doang sampe bego.



Day II
Nyampe di basecamp sekitar jam 07.30. Ohiya, kali ini via Garung lagi, tapi basecampnya udah beda, sekarang basecamp resminya ada di bawah, kalau dulu kan masih agak di atas lagi. Foto-foto, charge hp, ganti baju, makan, repacking, modol dll dst dsb. Banyak gabutnya sih. Gabut parah. Kita ngantri ojek yang mau nganterin ke Pos 1 itu sampe jam 12 siang:) Ojeknya cuma sedikit karena sisanya pada jadi porter, ikutan naik. Pokoknya jam 12 lewat tuh kita baru start trekking dari Pos 1.

View Sindoro dari basecamp Garung, petani tembakau lagi njemur hasil panennya

Naik ojek nguing-nguing

View dari Pos 1 Garung

Sepanjang jalan gue ngetrack. Ternyata jalur yang sekarang tuh beda sama jalur yang dulu. Jalur yang sekarang tuh ternyata memang jalur baru, baru dibuka setelah pandemi karena jalur lamanya udah ancur. Yeaaa yang jaman dulu 2016 juga udah ancur banget kan. Nah jalur Garung Baru ini lebih manusiawi lah ketimbang jalur lamanya, meskipun ngejait punggungan-lembahan banyak sekali. Pas diawal naik aja lewatin "jembatan" ada sampe tiga kali deh kalau ngga salah.

Awal-awal gue masih jalan sama yang ciwi-ciwi. Terus karena engap akhirnya ngejar mas-mas jambi, Mas Rafiq dan Mas Dimas. Ujung-ujungnya malah gue jalannya sama Mas Supri sang porter. Kayanya gue emang bersemangat buat segera malam dan ngamat langit makanya reflek gas terooss kaya gitu. Jadi gue yang pertama nyampe camp (setelah Mas Supri tentunya) itu juga udah mau sunset. Terus segera merekam dan foto-foto sunset sembari nunggu rombongan ciwi-ciwi dateng.

Sunsetnya cakep banget:')

Foto ala-ala karena gabut

Sedih adalah di camp itu ada warung pake lampu yang kayanya wattnya paling gede:') Kaga bisa ngamat langit dong anjir:) Padahal itu selepas maghrib harusnya langsung kelihatan milky way pas di zenith. Sayang aja itu lampu benderang banget:') Akhirnya malem itu cerita-cerita sama ciwi-ciwi, makan, minum coklat sampe kobam sambil dicurhatin sama guide-nya WKWKWK, baru akhirnya tidur sekitar jam 22.00an.



Day III
Di bangunin sama Arzetti jam 2 pagi. Akhirnya yang lain ikutan bangun dan ngobrol siapa aja yang mau muncak dan gue nguping doang wkw. Gue baru bangun beneran jam 3 pagi dan langsung siap-siap karena jam 4 kan mau jalan. Sekalian mau ada waktu untuk ngamat Perseids dulu. Terus ternyata lampu warungnya mati guys!! Gue dapet 3 meteor:') seneng banget cuyy!!! Yah setidaknya dapet, daripada ngga sama sekali.

Sarapan roti kukus anget dan minum teh manis. Tidak mengenyangkan untuk gue yang pada saat itu laperan. Akhirnya minta roti gepeng ke Mba Evi karena beliau memutuskan untuk ngga muncak tapi bekel jajanan masih banyak wkwk. Gue minum lagi obat nyerinya sebelum muncak supaya pergerakan aman. Di tengah jalan, belum ada lima menit, Mba Reinna memutuskan untuk turun dan ngga muncak. Jadi cewenya yang muncak cuma Mba Anne, Arzetti, dan gue aja.

Ini adalah summit subuh gue setelah......berapa tahun ya gue ngga summit kaya gini huwaaa T.T Bener-bener seseneng itu, euforianya dapet banget. Bener-bener... wah saking bahagianya gue ngga bisa berkata-kata. Btw iya ya, kapan ya gue terakhir summit dari subuh-subuh kaya gitu? Njir sampe lupa:( Kalo ngga salah mah terakhir banget summit subuh tuh bareng Austronesia pas ke Gede tahun 2019. Huwaaa summit subuh pertama gue setelah 4 tahun??!!??!? Kebayang, kan, gimana euforianya?

Di Puncak Kawah sama Mba Anne

Euforia gue makin menjadi-jadi ketika gue berhasil ke Puncak Rajawali setelah tahun 2016 ngga sampe kesana dan cuma sampai Puncak Buntu aja. Jadi di perjalanan kali ini, gue dapet 3 puncak sekaligus. Mana dapet cerah sepanjang jalan. Gapapa deh debu-debuan tapi gue seneng banget. Mana jalur ke Rajawalinya tuh horor kudu pake webbing merayap dan manjat. Jadi tambah euforia lagi(???)

Rajawali!

Yah, pokoknya gitu deh jalurnya (1)

Yah, pokoknya gitu deh jalurnya (2)

Yah, pokoknya gitu deh jalurnya (3)

Kawah Gunung Sumbing

Kawah... ada aja yang turun kesana

Lewatin Puncak Cengklok kebanggaan Randy

Turunnya gue sendiri, meninggalkan rombongan di belakang. Tapi jadi yang terakhir sampe ke basecamp karena dari Pos 1 ke basecampnya gue memilih untuk jalan kaki. Konyolnya itu carrier gue ojekin sampe basecamp WKWKW tapi guenya ngga mau ikut ojek karena mau menikmati jalanan. Kaki gue melepuh, kayanya kaget banget dapet mendadak muncak dan turun cepet meskipun gue turunnya juga biasa aja ngga lari-lari. Akhirnya dari Pos 1 gue pake sendal jepit.

Makadam dari Pos 1 ke Basecamp

Di basecamp gue langsung ketemu sama Mba Anne dan Mba Reinna yang ternyata juga baru sampe. Mereka bilang kalau kamar mandi basecamp penuh. Akhirnya gue ngide nyari ke basecamp depan dan ternyata masih kosyong. Setelah selesai mandi ya akhirnya ciwi-ciwi itu gue arahin untuk mandi di basecamp depan aja. Habis itu makan mie rebus dan minum teh anget sumpah enak banget, the best.

Mwah:*

Sebelum adzan maghrib, rombongan udah dijemput elf dan segera balik ke Jakarta. Sempet berenti di rest area dan gue bertiga sama Mba Anne dan Mba Reinna makan bakso. Mba Reinna kemudian turun duluan di Bekasi. Touch down Jakarta sekitar jam 1 pagi lalu gue lanjut ke rumah naik ojol. Overall thanks to Mba Anne dan Mba Reinna yang sudah jadi teman dekat selama perjalanan meskipun gue tinggalin di jalur saking gue terlalu excited T.T Thanks to Bang Kodok juga yang udah sabar banget jadi guide WKWKW mo ngikik kalo inget Bang Kodok curhat pas malem-malem. Akhirnya harus kembali ke kenyataan dan kembali bekerja untuk mengumpulkan pundi-pundi supaya bisa jejalan lagi:')

No comments:

Post a Comment