20.6.15

All Night Long

Hay! Hay! Hay! Hay! Finally!!! Finally bro!!! Ketemu lagi sama blogger:')
Sebenernya jari-jari tangan gue masih pada bengkak:' tapi ya.... sebelum gue lupa akan hari-hari kemarin, jadi mendingan gue paksain untuk bercerita panjang x lebar x tinggi.

Jadi...... tanggal 13 sampai 16 Juli kemaren gue akhirnya melakukan perjalanan panjang:')

Perjalanan kali ini ke Gunung Ciremai lewat Jalur Palutungan. Jalurnya enak banget, banyak banget landainya (kecuali dari pos ke enam a.k.a Pos Tanjakan Asoy). Padahal tadinya kelompok gue dapetnya Jalur Padabeunghar, yang setelah gue usut....... ngga ada jalurnya, jadi mesti buka jalur sendiri. Tapi kayanya sih jalur padabeunghar itu ada, karena pas nanya sama orang Ciremai nya kita ngga dibolehin lewat situ.

Yaudah ah, w langsung sajah berceritah.

Tanggal 13 Juni kita janjian di Stasiun Pasar Senen untuk naik kereta Tegal Ekspres jam 7.45 ke Stasiun Cirebon Prujakan. Nyampe di Prujakan jam 11.30, udah dijemput sama orang Palutungannya. Dari prujakan ke Palutungan abis sekitar satu setengah jam dan sampe di basecamp jam 13.30. Setelah makan siang, solat, ngurus simaksi, pipis, menuhin logistik, ina, dan anu, akhirnya mulai jalan dari basecamp jam 15.20 ke pos pertama yaitu Cigowong untuk ngecamp. Jalanannya masih landai banget parah, bahkan dari basecamp ke pos Cigowong ini cuma beda ketinggian 500 m sajah. Cuma, jauhnya itu loh, sekitar 4 kilometer sendiri. Akhinya karena salah estimasi akhirnya kita baru sampai di Cigowong sekitar jam 17.45. Udah gelap. Dingin. Capek. Laper. Rada ngeri juga karena pas gelap-gelapan di jalan, nemu pohon yang bermarka........dan markanya kaya orang pake baju putih lagi nunduk gitu. Iqbal yang dipaling depan (dan gabawa senter) udah ketakutan "Eh, eh, itu di depan apaan sih?" Serem banget dah pokoknya.

poto sebelum mulai jalan ke Cigowong (tapi kurang Sodi)

pas melewati pintu hutan

jalannya landai bangedzz

Tanggal 14 Juni kita rencananya bangun jam 4. Tapi karena pada ngantuk (dan entah kenapa di perjalanan kali ini tidur gue nyenyak banget parah meskipun dingin, laper, kebelet pipis, kebelet pup), akhirnya baru pada bernyawa sekitar jam setengah 5 pagi. Apalagi pas ngecamp ini kelompok gue masang 2 tenda, jadi bolak-balik dah tuh gue bangunin kelompok gue, finally baru mulai bergerak jam 5 pagi. Setelah selesai masak makan packing, akhirnya jalan jam 07.37. Seru banget daaah. Apalagi setelah dari Pos Arban, lumayan tuh tanjakannya. Yaaa meskipun ngga separah tanjakan di Jalur Linggajati :')

yhaa lumayan lhah nanjaknya
Pokoknya paling menggembirakan itu ketika perjalanan ke persimpangan antara Jalur Palutungan dengan Jalur Apuy. Di situ udah kebuka banget kanopinya, dan................. terlihatlah bahwa kita sudah diatas awan (???)

ngga nemu poto yang pas di jalannya, ini yang udah di simpang apuy. keren banget:') di kejauhan keliatan papandayan sama cikuray sebenernya :') 

Akhirnya sampe deh di pos Goa Walet sekitar jam 16.41 dan langsung ngebangun tenda.

Goa Walet. Tenda kelompok gue di sebelah kanan. Nduingin tenan.

Tanggal 15 Juni nya seperti biasa, gue bangunin jam 4 dan baru pada bernyawa setengah jam kemudian, dan baru bergerak jam 5 pagi. Yang kali ini satu tenda semuanya. Ya gitu deh. Tenda kapasitas 4 orang dibuat bobo sama 6 orang. Macem sarden gitu lah tapi jadi anget:') *kecuali yang bobo di pinggir-pinggir* Lumayan singkat masak makan packingnya karena cuma bawa satu carrier perkelompok, tapi agak lama di masak soalnya sekalian bikin bekal makan siang. Ohiya, udah ketemu sama kelompok Jalur Apuy juga dari semalem. Jadi jalan dari Goa Walet ke Puncak jam 07.00 barengan sama kelompok Apuy. Cuma setengah jam bok dari Goa Walet, gue kira sampe sejam lah gitu yak.
terjalnya jalur naik:')

KAWAH! *norak* *for the first time ngga berkabut*

view from the top *tsaelah*

ikutan foto kaya orang-orang gitulah




Setelah dari puncak, balik lagi ke Goa Walet untuk packing. Kelompok gue paling lama karena ribet ngurusin sampahnya wkwk. Selesai packing, kita kembali ke pos Cigowong. Di perjalanan ini, Rani jatuh....parahnya adalah dengkul duluan. Tadinya dia ngotot bawa carrier, tapi akhirnya isi carriernya di bagi-bagi ke anggota kelompok yang lain. Dan karena masih terhambat juga, akhirnya Rani jalan belakangan bareng mentor dan Om. Sementara itu kita-kita sisanya pada lari jogging ke Cigowong supaya cepet-cepet bikin tenda dan ada perwakilan yang jemput Rani lagi. Karena pada lari jogging, akhirnya di perlarian perjalanan turun ini pun Mila juga jatuh..... tiga kali. Padahal sebelum Rani jatuh, Mila juga udah jatuh sekali dan engkelnya sampe sakit. Setrong setrong banget kelompok gue ngga ngertilah:'

Pas malemnya, saat sedang masak dan menunggu waktu untuk evaluasi perkelompok, kelompok gue malah ngegosip sambil nyanyi-nyanyi lucu gitu ribut banget dah. Kelompok lain mah pada nyiapin bahan untuk evaluasi, kelompok gue doang yang begini wakakak.

Tanggal 16 Juni...... sumpah gue semangat banget. Kenapa? Karena tanggalan di tiket kereta gue menunjukkan tanggal 16 Juni 2015 meskipun pukul 20:23 :') Wakakak badan udah mulai pegel-pegel.

Rencananya kelompok gue mau bangun jam 05.00. Tapi, karena setelah alarm gue bunyi guenya malah tidur lagi...... walhasil satu kelompok telat semua. Gue baru bangun jam 05.43 coba. Kelompok laen udah berisik, kelompok gue masih anteng bobo. Tapi lumayan juga telat, jadi istirahatnya lebih lama. Baru pada bernyawa 15 menit kemudian. Tapi alhamdulillah keburu kok masak makan tralala trililinya sebelum masuk ke acaranya Badan Pelantik.

Kegiatan hari ini lucu-lucu banget. Ada games konsentrasi sama pipa gila kaya waktu di SMA (tapi pipanya diganti pake kayu). Terus becek-becekkan duingin sampe menggigil, guling-gulingan, minum ramuan hahaha. Tapi pol ngakaknya:') Alhamdulillah akhirnya punya keluarga yang lain lagi:')

basah, penuh lumpur dan telur, tapi bahagia *jijik ye bahasa gue*
Lantas mengapa judulnya All Night Long? Soalnya tiap malem pasti ada evaluasi bareng mentor yang lamaaa...aaa...aaa.... ngga deng lebay. Ngga deng, lumayan lama juga. Hari pertama ngecamp eval dari sekitar 3 jam, sampe sekitar tengah malem. Udah mana pas lagi eval Sodi tiba-tiba teriak "Bal, bal, bal. Itu apaan bal?" ngga taunya ada musang di deket tenda. Tapi Sodi ngomongnya medok banget, jadi bahan cakkan dah selama perjalanan.

Hari kedua ngecamp sih yang parah. Udah tidur dari jam 9, eh jam 11 dibangunin:' Eval sampe jam 1 malem. Kata Kak Dewa suhunya cuma 2 derajat Celcius. Subhanallah:') Tapi kalau ngga naik ke atas (evalnya bukan di Goa Walet), kita ngga bakalan liat bintang bertaburan di atas dan di bawah:) (langit dan pemukiman maksutnyah) sayangnya ngga ada yang bawa kamera untuk mengabadikan keindahan itu.

Eval pertama dan kedua ini menyenangkan menurut gue, soalnya kaya bercerita gitu, santai pula. Ujungnya curhat dan gosip dah. Nah mentor-mentor kelompok Palutungan ini yang bikin slogan "all night long" buat acara eval tiap malem wakakak. Setelah usut punya usut, ngga ada kelompok lain yang evaluasinya kaya kelompok Palutungan yang rutin dan durasinya panjang begitu.

Hari ketiga ngecamp, evalnya lumayan serius karena gabungan sama kelompok lain juga. Sampe tengah malem juga:') Gue bahkan sampe ketiduran, makanya paginya kesiangan dah:')

Ngga jelas emang wakakak. Gue akhirnya pulang duluan bareng Amal, Zulfa, Martha, Kak Habib, dan Om sementara sisanya masih pada main ke Curug dan pada pulang tanggal 17 Juni. Udah segitu aja ceritanya. Semoga akan ada banyak cerita-cerita lain setelah ini. Hihihi.

No comments:

Post a Comment