21.8.15

54 Jam Menggila (2)

Yaaay!! Ceritanya tadi pagi (((tadi pagi))) gue baru saja pulang dari Gunung Prau. Agak aneh sebenernya karena gunung itu lebih mirip perbukitan ketimbang gunung. Gunung Prau ini terletak di kawasan wisata Dieng, Wonosobo. Rencananya naik lewat Jalur Patak Banteng, turun lewat Dieng. Total yang ikut perjalanan kali ini ada 15 orang, mayan rame.

Day I
Gue baru selesai packing tralala trilili jam dua belas lewat. Cuma bisa tidur selama 2 jam, jam 3 gue bangun dan berangkat ke Stasiun Pasar Senen. Gue nyampe di sana sekitar jam setengah lima, pada ngemper di depan toko donat. Setelah solat subuh, ngeprint tiket, dan semuanya udah kumpul, akhirnya kita berangkat ke Stasiun Purwokerto jam 05.30. Sesampainya di Purwokerto langsung naik angkot ke terminal dan dari sana naik bus ke arah Wonosobo. Di Wonosobo, kita menetap di rumah eyangnya Yoann. Total lama perjalanan ke sana sekitar 10 jam.

Rumah eyangnya Yoann bener-bener rumah nenek banget:') Makan tersedia, cemilan ada, minum tinggal tuang, bobo udah disiapin bantal karpet selimut, mau nonton tv silakan, mandi di ingetin... the best lah.

Malemnya ke alun-alun dulu. Jajan, poto-poto, dan melurusukan segala rencana untuk esok hari. Berhubung saat itu udah jam 10, akhirnya balik ke rumah eyang Yoann dan kita pun pada bobo.

Day II
Alarm sahut-sahutan dari jam 4 pagi sampe jam 7 pagi. Rata-rata pada bangun jam lima sampai jam setengah 6. Tadinya sempet mager gila, secara tinggal di rumah nenek, tapi kemudian kita jalan juga. Mager dapat dikalahkan dan kita jalan dari jam 10 pagi. Mulai trekking jam setengah 12 siang.

Panas, berdebu parah sampe engap. Kanopi tertutupnya juga cuma sedikit jadi keringetan banget. Jalurnya nanjak terus ngga berenti-berenti, cuma ada beberapa landai. Untung pemandangannya bagus, jadi seneng trekkingnya. Ada 3 pos yang dilalui dan alhamdulillah jalurnya ngga panjang, cuma 3 jam naiknya.
nanjaknya:' debunya:'
pemandangan di Jalur Patak Banteng
Di atas, pemandangannya spektakuler banget. Awan ada di atas dan di bawah (padahal kayanya gunung ini ngga tinggi-tinggi banget). Adakalanya sore itu jadi cerah banget (tadinya berkabut dan awan udah gelap gitu kaya mau hujan) dan nampaklah Gunung Gumbing dan Sindoro di kejauhan. Yang tadinya lagi masak nasi jadi berlarian ke bukit terdekat dan foto-foto.

penampakan Gunung Sumbing dan Sindoro
Sunset? Beuh. Sunset lautan awan. Keren banget gilaaaak. Sebenernya kalo ngga lautan awan keliatan Gunung Slamet. Ah auk dah keren banget pokoknya.

sunset :')
Malemnya pas lagi pada masak, gue keluar tenda, ngeliat langit yang... Masya Allah banget cerahnya. Hafidz, Rahe, gue akhirnya diem-diem naik ke bukit yang ada tugunya dan foto-foto disana. Keren banget parah. Sayangnya kita ngga kuat lama-lama karena angin kenceng banget dan dingin banget. Setelah balik ke tenda, kita makan malem. Hafidz, Sodi, Bubu, Yoann, Rani pada main kartu sampe malem. Sisanya pada bobo (gue ngga bisa tidur sebenernya karena dingin banget). Yang main kartu akhirnya tidur sekitar jam 11.

cerahnya langit di Gunung Prau
kami-kami yang ngga ikutan masak dan malah foto-foto menerjang dinginnya malam sampe pantat geter-geter

Day III
Jam 2 pagi pada ribut lagi karena kelaparan dan akhirnya masak mie. Tenda gue ngga ikutan masak mie, tapi pada ikut kebangun.
Rahe tiba-tiba nanya gini "Itu suara apa, sih? Kaya suara ombak."
Terus Sodi jawab, "Angin itu."
Dari malem suara anginnya juga udah kedengeran, kenceng banget. Dari jauh kedengerannya "nguuung nguuung" begitu kena pohon suaranya mirip ombak nyampe ke pantai gitu "bressssh".

Ngga begitu lama, kemudian pada bobo lagi. Jam 5, Sodi rusuh banget bangunin tiga tenda untuk nunggu sunrise. Biasanya gue yang bangunin, tapi karena dingin jadinya gue mager banget:' Begitu naik, angin bener-bener kenceng dan dingin bangeeet. Pantat sampe geter-geter ngga berenti. Tapi ngga nyesel, sunrise nya cantik banget:''

sunrise:')
Setelah sunrise, sebagian pada ngelanjutin tidur yang kurang nyenyak semalem karena dingin. Gue jalan-jalan ke atas, melihat pemandangan di kejauhan yang cerah. Gue bahkan berhasil melihat Gunung Slamet:')
ituuu yang paling tinggi di kejauhan itu Gunung Slamet :')
Sumbing-Sindoro dan bukit-bukit
Begitu gue balik, udah pada bangun dan makan. Selesai makan (yang mana rusuh banget), langsung packing, kita turun jam 11 siang. Jalanannya turun naik, lewatin perbukitan gitu. Tetep berdebu:( Tapi pemandangannya bener-bener dah. Menyegarkan mata banget.

pemandangan Jalur Dieng. sama aja sih sebenernya, tapi tetep aja bagus:'
Sampe di basecamp Dieng jam setengah 3, langsung makan dan ganti baju, terus gue pulang duluan. Tadinya mau bareng Sodi sama Alvin, tapi Alvin belom ganti baju jadinya gue duluan. Sisanya pada mau ke Telaga Warna dulu. Eh, ternyata gue ketemu sama Alvin di Stasiun Purwokerto, tapi kereta gue jalan duluan, jadi Alvin masih harus nunggu di stasiun.

Day IV
Kereta gue dingin, tapi ngga sedingin di Dieng:') Gue baru nyampe di Jakarta jam 02.30. Nyampe di rumah hampir jam setengah 4 pagi. Perjalanan kali ini paling menyenangkan buat gue, isinya orang gila semua dan pemandangannya bagus banget sepanjang jalan:')

Semoga akan ada perjalanan yang kaya gini lagi kedepannya :')