5.5.16

176 jam menggilaaa: KKL 1 dan Kongres IMAHAGI



Yihaaa!! Lama banget ngga ketemu blogger:( Sebenernya ada perjalanan-perjalanan lain yang ingin gue ceritakan sih, mulai dari naik gunung berenam tapi gue cewe sendiri, nyasar di kebon pisang cuma berdua, lari-lari turun gunung karena kebelet boker dan denger suara tahu bulet, ngga jadi nge-camp karena tendanya berubah jadi kolam gara-gara hujan gede, sampe nyasar di kebon bambu padahal bawa anak orang:(((

176 jam ini sebenernya terbagi 2: KKL 1 dan.... dan ngerecokin acara bidang sebelah :')

Gue mau cerita tentang KKL 1 gue yang cetar membahana terlebih dahulu.
Kelas KKL 1 gue ditempatkan di desa adat, nama desanya adalah Desa Sirnaresmi. Di desa ini ada 3 Kasepuhan yaitu Sinarresmi, Ciptarasa, dan Ciptagelar. Dimana dua kasepuhan pertama dapat dengan mudah dijamah manusia, sementara yang terakhir aksesnya katanya sulit, butuh berapa puluh kilometer dari Sinarresmi. Ya. Kelompok gue ditempatkan di Kasepuhan Ciptagelar.

Dari awal, dosen gue (sebut saja Pak Sup), tiap ketemu anggota kelompok yang akan berangkat ke Ciptagelar, selalu nanyain, "Kamu yakin, ngga? Sanggup, ngga?" yang mana gue pikir: yhaelah paling juga cuma jalan dua jam paling lama, pasti kesananya naik mobil bak.

Ternyata tidak begitu sodara-sodarah.

jalanan terakhir yang mampu dilewati mobil bak

Naik mobil bak cuma dianter sampai akhir jalan aspal (yang jaraknya cuma dua kilometer dari Sinarresmi), sisanya lanjut jalan kaki karena jalanan tidak memadai untuk dilewati kendaraan. Begitulah akhirnya kita jalan kaki melipir tiga gunung, lewatin tujuh dusun, enam sungai, dua danau, sembilan longsoran (lebih sih sebenernya), dan banyak sekali airmata mata air. Sejauh kurang lebih 14 kilometer yang mana karena bolak-balik jadinya 28 kilometer. Diperparah dengan kondisi jalan yang berbatu, berlumpur dan kadang nanjak kadang turun.

treknya :'*
Salah satu situ, Situ Pondok Injuk
Pengukuran sungai Cibarengkok
Tempat pengolahan emas
terus dijalan ketemu ini... jejak macan... (photo by Alvin G.A.W)
 Kalo ketemu aspal heboh banget. Padahal di Depok juga banyak.

Tapi view nya bener-bener bagus sih. Serasa Prau tapi versi KW Super-nya. Terhampar bukit-bukit yang rata-rata dijadiin sawah terasering semua. Kiri-kanan sawah. Kadang tanaman padinya juga di ladangin kalo kebetulan lokasinya ngga deket sumber air atau irigasi, namanya huma.

view Prau KW Super
huma: sawah yang diladangin
Banyaknya sawah disini karena kasepuhan-kasepuhan disini sangat menghargai padi, beras, nasi, yaa itulah. Mulai dari bibit sampai jadi nasi itu butuh 16 kali ritual. Ngga heran disini nasinya enak, kalo udah kenyang, malah pengen nambah lagi. Super banget itu nasi hasil 16 kali ritual. Makanya disini kalo makan nasi harus habis, ngga boleh nyisa sebutir pun. Kalo nyisa, harus ikutan numbuk padi biar tahu bagaimana perjuangannya supaya nasi itu bisa sampai di piring kita.

so rare bisa lihat emak-emak masi numbuk padi:'
pochonk. iya itu pocong. katanya nanti bisa minta ganti tali pocong. entahlah._.

Dan pas udah di dusun deket-deket Ciptagelar... kondisinya jadi ajaib. Rata-rata kamar mandinya ada di luar rumah dan cuma berupa bilik kayu setinggi 1 meter. Iya cuma satu meter. Kan kalo ada orang lagi mandi keliatan yak--" Terus dari kamar mandi ke rumah, yaudah andukan aja gitu terus jalan ke rumah. Seolah tidak ada apa-apa. Hmm.

iya... cuma pake anduk cyinn

Yang lebih parah, berdasarkan pengakuan temen gue yang jalan di Sinarresmi, dia mewawancara warga lokal yang lagi mandi dan yaudah si warga lokalnya santai aja ngelanjutin mandi tanpa nutup badan...

Seru parah, bahkan gue mempertanyakan, ini KKL apa liburan dadakan?--" Meskipun di jalan harus tetep ngetrack jalur dan ngeplot lokasi-lokasi penting pake GPS serta ngambil sampel, melakukan perhitungan dan dokumentasi, ngga berasa lagi KKL :( Mana pas perjalanan ini, tim Ciptagelar benar-benar melupakan jurnal dan ngga nulis jurnal sama sekali.

tim ciptagelar :''))

Begitu sampe di Sinarresmi lagi, baru deh berasa KKL-nya karena tim-tim yang menetap di Sinarresmi harus selalu nulis jurnal dan harus presentasi apa yang sudah didapat tiap harinya.

tim sirnaresmi:')
Hari terakhir KKL, kita ke desa yang deket laut, Desa Cikakak, tapi masih di dalam Kecamatan Cisolok. Jalan kaki ke laut cuma 15 menit, pantai terdekatnya adalah Pantai Karang Hawu. Disana, semua kelas dari berbagai desa dan dusun jadi satu, dan presentasi gitu perwakilan kelasnya sampe malem. Keesokan harinya setelah presentasi, yang gue inget cuma bangun jam 8 langsung lari ke pantai bareng satu asdos dan temen-temen. Gokil lah habis dari gunung main ke pantai:')

karang hawu beach uuuw
uhm... iya... itu yang paling kiri cewek kok._.
Daaaan habis itu balik. Ngga deng. Gue cuma 2 jam kurang dirumah. Nyampe UI jam 6 sore, nyampe rumah jam 7 malem cuma buat packing ulang. Jam 9 malem berangkat lagi. Where?

Lombok.

Ajigilee seru bat dah. Ngga pake mandi jadi bau habis KL-nya masih Subhanallah dah. Ketemuan sama Fitri, Akmal, Nunu, Sodi di Stasiun Pasar Minggu terus naik GrabCar ke bandara. Jadilah kita semua nge-gembel di bandara. Pagi-paginya yang rombongan 15 baru pada dateng.

Tiba di Lombok pukul 8 WITA. Senank:( Lihat Rinjani di kejauhan:( Sodi ngegodain gue mulu, "Naik Rinjani, kali. Udah sampe Lombok masa ngga naik?" :(((

kalo kata tante gue: turis nyasyar.
Day I, Kongres berjalan "panas" dan membosankan hingga pukul 3 pagi keesokan harinya. Akhirnya setelah Nunu dan gue ngompor-ngomporin pengen jalan-jalan, rombongan 15 dan beberapa orang dari univ lain ikutan panas juga. "Yaudah yuk besok jalan, ngga ikutan Kongres." Parah sih wakakak.

kondisi kongres pas masih pada 'seger'
sodi sampe ketiduran padahal dia pimpinan sidang tiga:'''' terus diledekin sama anak-anak region lima wkwk
Day II, yang ikutan Kongres cuma Fitri, Sodi, Akmal. Sementara Nunu, gue, rombongan 15, Ary dan Dita (anak UGM), dan Putri (anak UPI) menjelajah Lombok. Mulai dari ke Borowei bonceng 4, ketemu abang-abang angkot baik hati yang ngajak muter Lombok cuma 200 rebay, ke Senggigi, ke Pantai Nipah, beli oleh-oleh... Nunu dan gue bahkan nyebur dan berenang di pantai biar bahagia:((( Coba Sodi bukan peserta penuh.... udah gue seret ke Rinjani kali ya?:'

Senggigi:* (minus nunu)

gue bahagia. ngga mau pulank:(
 



pardon me._. ngga tahan liat laut:'
Kita sampe di Mataram lagi sekitaran magrib, terus nyari tempat makan yang enak deket UMM. Rombongan 15 pada takut balik lagi ke Kongres karena digangguin sama anak-anak region lima gara-gara mereka cantik-cantik ahaha. Agak ngeri juga sih._. walhasil gue kudu jagain mereka selagi Nunu, Dita, Ary, dan Putri nyusul ke Kongres.

Selagi menunggu makanan dateng, gue iseng ngechat Sodi, mempertanyakan status bahasan Kongres. Gue kepo banget apakah ART udah kelar apa belom (seru sebenernya bahas begituan). Terus Sodi bilang belom-_- wth... Jadi, sekilas tentang kongres: Kongres ini membahas tentang mau dibawa kemana organisasi tersebut selama satu periode kepengurusan kedepan, sehingga ada banyak sekali bahasannya.
-Tata tertib
-Anggaran dasar (AD)
-Anggaran rumah tangga (ART)
-Garis besar haluan organisasi (GBHO)
-Garis besar haluan kerja (GBHK)
-Penentuan ketua umum baru
-Penetuan lokasi rakernas dan rapat apa gitu yang gede satu lagi

Kemarin seharian bahas AD, masa iya sekarang bahas ART seharian juga yakali padahal hari ini mestinya udah kelar sampe penentuan lokasi rakernas. Gue kepikiran mereka bertiga yang pada ikutan Kongres, kesian ngga bisa tidur. Apalagi Sodi, jadi pimpinan sidang wkwkwk.

Terus karena rombongan 15 disarankan sama Fitri untuk balik aja (karena ngeri ketemu sama anak-anak region lima itu._.), Nunu dan gue diutus untuk jagain mereka. Fitri, Akmal, Sodi tetep ikutan Kongres sampai selesai.

Day III, ketiga tumbal Kongres baru pulang jam 8 pagi setelah 24 jam berada di ruang Kongres wakakakak sementara Nunu, gue, dan bocah-bocah 15 udah teler dari jam 10 malem karena Nunu ngajakin main kartu sampe pada tewas semua.

Lalu Sodi ngotot banget mau jalan ke Kuta... kesian sih, masa iya ke Lombok kali ini mereka ngga jalan-jalan? Akhirnya kita tiba di Kuta jam 10.30 WITA HAHAHA maksa abis padahal tiket pesawat balik jam 12:55 manthapp-__- Ohiya, Ary Dita Putri juga ikutan ke Kuta tapi barengan sama field trip yang memang diadakan sama pihak organisasinya.

inikah yang namanya cinta?:'
mau kesana lagi:'
  

Sudah deh. Akhirnya perjalanan nan panjang ini harus berakhir sampai disini:' Tetiba keingetan laporan KL:'

Udah sih, intinya cuma mau curhat aja WKWKWK. Hepi Nugas Genks.

No comments:

Post a Comment