9.9.19

Jogja Maha Absurd part 3

So, ini perjalanan dadakan gue ke Jogja. Owet dan bocah-bocah ikut lomba orienteering di Kulon Progo, diselenggarakan sama UGM. Gue ditawarin ikutan jadi SC sama bocah-bocah karena Owet yang tadinya SC malah ikutan jadi peserta. Adiba juga kompor banget sejak gue ketemu dia pas wisudaan. Ini mah guenya aja yang bener-bener kehasut sama Adiba. Yah, lagi banyak banget pikiran, baru seminggu kuliah dah disuruh nentuin judul tesis, dan udah lama juga gue ngga jalan-jalan.

Gue baru beli tiket tuh hari selasa, H-2 keberangkatan. Di hari yang sama dengan randomnya tiba-tiba Sodi ngechat apakah gue juga mau ke Jogja. Terus gue iyakan. Tadinya kita mau barengan aja jalannya, hari Kamis malem, jadi dia cabut sehari. Tapiii tiketnya tiba-tiba abis. Untuk hari jumat, gue cek ada satu tiket, tapi ngga bisa gue booking, terus tau-tau lenyap. Aku sedih. Udah ikhlas Sodi ngga ikut, tiba-tiba dia ngechat kalo dia dapet tiket bus seneng banget nggak sih huwa rasanya mo nanges. Akhirnya sekalian gue pesenin tiket balik bareng gue.

Kalo sesuai jadwal, Sodi baru akan sampai di Jogja hari sabtu pagi. Bocah-bocah juga rencana tidur di sekre Mapagama. Gue yang sering banget nebeng sekre-sekre macam itu dan  nga pernah bisa tidur disana wkw akhirnya memilih untuk memisahkan diri dan booking kamar aja deket situ untuk hari jumatnya. Kebetulan kalo mau jalan kaki ke tempat acara juga cuma 10 menitan. Gewd. Dan jalanan Kaliurang situ juga isinya makanan doang kan HAHAHA yha karena gue gatau mau ngapain di Jogja jadi gue memutuskan untuk wiskul aja, kalau ngga ada rencana dadakan lain. Kamis malem akhirnya gue jalan, terus ternyata satu kereta dong sama galuh:') dia mau ke tempat temennya katanya. Gue kira dia mo jadi tim hore juga haha.

Gue sampai di Jogja hari jumat, subuh-subuh. Seperti biasa langsung menyambangi ibu-ibu gudeg. Diba baru bisa jemput jam 8an dan gue posisinya ngantuk banget parah karena ngga bisa tidur di kereta. Akhirnya dari tempat ibu-ibu gudeg yang ada di Jalan Wates itu, gue jalan kaki ke Malioboro. Lantas gue tidur di kursi di Malioboro donggg HAHAHA tuna wisma:( Kamar kan baru bisa check in jam 13 keatas, jadi gue terpaksa bobo di mana-mana haha.

kiri: gudeg ibu yang selalu enak, kanan: randomly gue tidur di kursi depan sepedah-sepedah ini

Diba dateng njemput gue di jalan Malioboro itu dengan motor temennya. Baik bener temennya, pikir gue. Diba sempet cerita kalo kemaren dia nonton Gundala di mall saking gatau mau ngapain HAHA sedih. Gue nemenin Diba makan bubur dulu deket situ, terus kita update ke tim yang lomba haha dikata kita berdua mau advance padahal kita cuma mau jadi tim hore aja. Ohiya yang tim lomba jalan hari jumat pagi, dan sampai di Jogja sekitaran isya.

njs jelek bgt gue blm tidur blm mandi dah diba doang yg kinclong

Karena kita berdua sama-sama ngga ada rencana... akhirnya entah apa yang merasuki kami akhirnya Diba dan gue pergi ke Prambanan. Siang-siang tengah hari bolong. Gue yang tujuan awalnya cuma mau makan ya ga bawa sublock, sarung tangan, jaket. Ngikik banget deh. Di Prambanan kita foto-foto, dan jadi berimajinasi liar lihat ukiran candi: ni lagi bunuh monster ni; ini kok kepalanya orang tapi badannya burung? Nerbener emang Diba. Terus kita ke museum arca... dan berimajinasi lagi. Terus gue nunggu Diba boker WKAKAK. Terus kita makan siang.

kiri: woe biru banget langitnya ga kaya jkt abu-abu; kanan: ini yang bikin imajinasi kemana-mana

Gue usul habis makan itu ke tebing breksi. Tydac sesuai dengan ekspektasiku siy. Tebingnya itu bekas tambang, kalau mau foto bener-bener harus cari spot yang bagus. Bisa naik ke puncak tebingnya sih dan ada spot fotonya gitu disana. Diatas bisa lihat Lawu Merbabu Merapi!!! meskipun agak berawan. Gue nyari ukiran naga yang ngehits banget di sosmed tapi ga ketemu-ketemu, malah adanya wayang, kocheng. PANAS BGT GEHELAAW. Diba petakilan mau manjat haha. Dan setelah muter-muter bego... kita baru sadar kalo ukiran naganya itu ternyata ngga jauh dari tempat parkir:)

beneran tebing aja cuy. kalo mo kesini sore aja deh biar ngga panas banget.

Kemudian Diba ngide mau ke Candi Ijo, karena selurusan sama si tebing breksi ini, naik dikit lagi. Tapi tiba-tiba pas lagi nanjak, dia nyeletuk: Kak gimana kalo ke pantai aja?
Aku yang mudah terhasut: eh bole tuh, Parangtritis aja yang deket.
Diba yang ide banget: atau ke gumuk pasir Parangkusumo aja kak. Deket banget sama pantai kok.
Jadi dong kita ke Parangkusumo sejam kesana:) Sampe panas banget gehela jadi kita memutuskan untuk ke pantai dulu. Airnya lagi jernih banget, warnanya hijau biru gitu. Kita update ig stori bikin ngiri sodi yang baru sampai besok disini hahaha. Agak lama di pantainya, Diba malah sempet ngobrol sama nelayan. Baru kita ke gumuk. Pas sekali sedang golden light jadi bagus pisan mana kamera diba bagus jadi... wah deh pokoknya.

kiri: speechless lah udah, kanan: eheh selfie dulu

kiri: kenapa aku kaya cowo y; kanan: menunggu pangsit untuk judul tesis q

Lalu Diba ngajak foto ke sebelah barat karena katanya ada spot foto bagus, banyak pohon-pohon bagus katanya. Pas kita kesana ternyata udah ditebangin:( sad:( Jadi kita balik ke kota. Tim lomba juga ternyata dengan bodohnya ngga punya kompas orienteering, jadi nitip beliin sama Diba dan gue. Habis itu kita makan ayam geprek deket UGM, gue ditinggal sebentar disitu karena Diba mau jemput temennya, Hara. Melihat Diba udah sama Hara, gue memutuskan untuk cabut sendiri ahaha seneng banget:'

Jam 7 gue cabut karena mau rebahan akhirnyo. Penginapan gue ngga jauh dari tempat makan ayam geprek itu, cuma 15 menitan aja jalan kaki. Untungnya udah dapet tidur sekitar satu jam... ketika jam setengah 9 Owet nelpon gue... huhu sedih banget padahal lagi ena tidur. Dia ngajak ketemuan di kafe, yang ternyata ngga jauh dari ayam geprek tadi. Sampe sana cuma ada diba hara owet, yang lain makan diluar ternyata.

Pas udah pada balik ke kafe, kita bagi-bagi kompas, review penggunaan kompas, briefing acara besok, sampe agak malem, sampe jam setengah 11 apa ya. Udah berdoa banget biar cepet kelar padahal karena gue mau tidur. Emang y kalo pada masih muda-muda mah energinya banyak. Ujungnya Owet malah ikut gue wkak gapapa sih kesian juga daripada dia ngga gabisa tidur di sekret.

Sodi jam 5 ngabarin kalo busnya telat, pokoknya habis itu dia rusuh banget pagi-pagi nanya data-data buat rental motor. Jam setengah 8 dia akhirnya sampe dong huehe seneng banget:((( Gue mo minjem motor buat beli gudeg tapi ternyata dia mau nganterin. Kirain dia mo istirahat dulu gitu kan. Terus kita bungkus aja, makan di penginapan. Jam setengah 11 itu harusnya udah mulai regis acara tapi malah jam segitu Owet baru bangun:') Setelah Owet dan Sodi mandi, jam setengah 12 kita baru check out.

Rencananya mau makan siang dengan gado-gado UGM yang diagung-agungkan Owet itu, tapi yang lomba udah dapet makan. Terus jatohnya Sodi sama gue jadi gabut gitu, makanya kemudian gue ajak sodi makan es krim sembari nunggu Adiba. Setelah adiba datang, kita pun ke alun-alun, makan brongkos. Niatnya bawa Sodi ke situ karena mau sombong ke Sodi (karena gue baru tahu kalau brongkos itu ternyata enak) eeh ternyata brongkos itu makanan sehari-harinya dia dulu.

kiri: es krim yang tak berdosa; kanan: nasi brongkos enak

Jam sudah menunjukkan pukul 3 dan celetukan gila gue di-aamiin-kan sama kedua orang itu. Kita ke Gunung Api Purba Nglanggeran. HAHAHA gblk anjir, perjalanan sekitar satu jam, sekitar jam 4 baru sampe.
kiri: pas golden light lewat semacam gua kecil gitu; kanan: ada jalur sempit ini sebelum ke puncak

Katanya cuma setengah jam... iya emang nggak boleh percaya sama warlok, karena jam setengah 6 kita baru nyampe puncak. Seneng banget karena ini puncak pertama adiba setelah kurang lebih satu setengah tahun:'
Puncak Nglanggeran!
ps: aku bukan sakit lutut, cuma takut ketiup angin

Gada persiapan apa-apa jadi cuma pake senter hp doang pas treking turun. Di basecamp nunggu sodi boker dulu. Ngapa gue saban hari ini nungguin orang boker mulu y.

saat sudah gelap, dijalan turun

Terus kita makan sate klathak karena kita gaada yg pernah kulineran makanan jogja(?) Klathak itu sate kambing muda, cuma dibalurin garem sama bawang putih dan itu enak banget parah ngga paham woe. Mirip-mirip taichan tapi lebih micin(?)

Setelah itu katanya sodi mau ke bunk bed, tapi gue sepertinya gamau tidur(?) jadi gue minta dianterin ke Malioboro. Tapi Sodi kayanya ngga tega ninggalin gue sendiri, dan yaudah malem itu kita berdua malah berakhir dengan tawaf Malioboro-Beringharjo-Mangkubumi. Ngobrol bener-bener ngalor ngidul, literally ngalor ngidul mulai dari yang ngga penting sampe yang berat-berat banget. Dari gue kenyang ampe laper lagi. Nggak berasa udah jam 11an, akhirnya gue ajak nongki ke angkringan. Udah pegel juga kaki gue:(

Dari angkringan kita ke tempat parkir motor, iya udah jauh banget karena ngga tau juga kita jalan dari mana kemana. Sodi mau ke bunk bed tapi dia bener-bener ngga tega ninggalin gue wkak katanya: Ayo ikut gue dulu deh liat bunk bed, nanti gue anterin lagi ke malioboro kalo lo emang maunya gitu. Yodah akhirnya gue ikut dia kan. Ternyata ing eng ing udah full. Cari-cari bunk bed lain pun kalau ngga full, ya udah tutup gitu. Akhirnya? Kita balik lagi dong ke Malioboro, duduk aja di kursi di jalanan itu. Dia bilang dulu juga sering kaya gini ngemper aja di Malioboro sama temen-temennya. Itu posisi udah jam setengah 1 pagi. Terus dia bilang: nanti jam 3 kita jalan ke pantai, terus istirahat sebentar disana.

Another ngobrol ngalor ngidul part 2, terus gue istirahat sebentar. Tau-tau udah jam 3. Kita makan mie ayam dulu deket situ... karena gue belom makan bener, terakhir cuma makan brongkos itu, sisanya gue ngemil doang. Mie ayamnya enak:( lupa lagi ngga ngapalin namanya apa. Udah kelar makan, kita langsung cabut ke Pantai Krakal. Yah karena udah pernah ke Gunung Kidul sebelumnya, jadi gue udah bisa memperkirakan sih. Tapi ngga nyangka aja kalau ternyata lebih serem dari bayangan gue. Jalanannya gelap gulindang serem banget karena belum ada lampu jalan. Kelak-kelok turun-naik mana dibonceng sama anak geo yang ngebutnya nga ngotak yekan. Dah gitu kaya ngga sampe-sampe:((( Mana tengah jalan hujan ya lord.

Nyampe di pantai jam setengah 6 pagi HAHA tepos pantat gua. Kita nyari saung yang agak kering lalu kita rebahan dulu. Angin pantainya kenceng banget woe kek depan gue ada kipas dufan. Ngikiknya adalah malah gue yang tidur sampe sekitar jam setengah 8. Sebelumnya sodi udah bangunin gue sih terus sodi bilang kalo yang lomba udah pada bangun. Gue nyuruh sodi nelpon owet, tapi habis itu gue tidur lagi WKW. Yaa kasi semangat dan wejangan lah takut-takut dia bodoh nanti pas lomba kan hahaha.

Yaudah tuh akhirnya jam setengah 8 gue bangun, makan gorengan yang entah sodi beli dari mana. Lalu kita cuss turun ke pantai yang cuma lima langkah dari saung. Air kebetulan lagi surut, padahal tadi pagi pas pertama sampe itu lagi pasang. Kita jalan diatas karang. Ngeliatin hewan-hewan karang yang aneh-aneh. Sodi nemu benda bening kaya plastik TERUS RANDOMLY DIA GIGIT DONG:))) Komennya cuma satu kata: asin. Ya iya lah:( Turns out ternyata itu ubur-ubur karena gue lihat lagi yang kaya gitu dan dia berdetak.

kiri: kita jalan dari situ, terlalu fokus ngelihat karang; kanan: tiba-tiba udah pindah pantai:)

Terus kita susur pantai sampai jauuuuh. Gue nargetin kita balik dari situ jam 10, eh kita malah nyebur dong:) bodoh banget anjirrr karena jiwa duyungku tergoda cebongan mermaid yang jernih banget. Eh ternyata dangkal, jadi udah kadung basah tapi kita gabisa renang. Sialan emang dah. Habis itu kita jalan ngejar ombak, dan kita di peluitin sama petugas pantai karena terlalu jauh ke tengah.

kiri: satu-satunya dokumentasi si cebongan mermaid; kanan: karena surut, jadi ombaknya jauh

Karena udah basah dan mau renang, gue ngide dong: kita ke Indrayanti aja, dulu gue bisa renang disana. Namun sama aja bung karena disana surut juga. Sedih. Akhirnya kita ke karang yang agak dalem, terus duduk diatasnya, bengong-bengong disana lihat ke arah laut. Enak banget, udah lama ngga bengong-bengong di pantai kaya gitu, sambil berendem pula. Mana udaranya enak banget, belom terlalu panas, langit biru banget. Ingin waktu berhenti saja:') Jha tapi mana mungkin.

Dari Pantai Indrayanti yang ada di tenggara Jogja, kita jalan ke Kulon Progo yang ada di barat HAHA dan itu rasanya kaya jauuuuh bangeeeet ga sampe-sampe, lutut gue rasanya sampe ngilu. Pas udah mau deket sama lokasi lombanya, kita ngelewatin semak-semak yang rimbun gitu sampe gue takut kita salah tempat. saking kagada peradabannya anjir. Sampe ilang sinyal juga. Jam setengah 2 baru sampe di lokasi. Di tengah kebon itu tiba-tiba ada pemukiman:) Pas banget kita sampe, baru mulai acara penutupannya. Ga lama habis kita berdua sampe, diba dateng juga.

Yah, mereka ngga ada yang menang karena disabet atlit semua. Urutan waktunya Febi Ipon Etwot Owet Didik. Owet cerita kalau dia sempet kebalik gitu titiknya makanya jadi lama. Tuhkannn aya-aya wae:') Tapi yaudah lah ya, gapapa karena yang penting itu pengalamannya toh, menang itu hanya bonus. Setelah acara resmi ditutup, kita semua foto bareng dulu.

kiri: yeay selamat para orienter kebanggaan q; kanan: trinitas terngikik

Owet kemudian ikut rombongan tim hore, bareng Diba. Kita berempat ke angkringan, karena pada belum makan siang. Di jalan itu berasa banget sodi ngantuk karena kadang jalannya tiba-tiba jadi pelan. Terus pas udah deket angkringan, sodi bilang: sebenernya dari tadi gue ga sadar, kok tiba-tiba udah sampe sini. Heheheh senyumin aja gue siy:)

Jam setengah 3 nyampe angkringan Lik Man dan langsung makan, karena jadwal kereta baliknya sebentar lagi. Habis makan, owet diba nganter sodi dan gue ke Stasiun Lempuyangan. Sekalian Adiba mau beli tiket katanya. Owet dan tim lomba baru balik besok senin. Diba juga balik senin tapi beda kereta sama yang lomba. Akhirnya di kereta gue tidur kaya orang mati, Sodi sampe bingung. Keretanya belom jalan aja gue udah tidur. Dan gue baru bangun pas udah sampe jakarta bayangkhannn. Tau-tau pas ngecek maps udah deket jatinegara coba. Gila yak gue.

Huhu sedih karena harus kembali ke realita, dan lusa harus ngumpulin judul tesis. Semoga ada jadwal kabur dadakan kaya gini lagi. Hahaha.